Senin, 15 Desember 2008

serba-serbi hijab kita

Ini tulisan agak-agak nyinggung SARA.. Tapi sungguh gak ada tendensi terhadap apapun dalam menuliskannya. Saya tidak akan memberi kesimpulan, karena saya hanya ingin berbagi cerita, seperti biasanya.
Mohon maaf karena setiap cerita saya, berkaitan dengan seseorang.
Mudah-mudahan gak ada yang kenal. Tapi kalo ada yang kenal, ya gak apa-apa lah.
Ceritanya lumayan baik-baik kok =P


---

Kalo nyantri (baca: berlagak sholeh) di tengah para 'begundal'..hehe..
pasti ada resikonya.
Contohnya saya..ehm.. karena dikenal sebagai jilbaber kelas 'berat' (padahal..),
dan entah saya punya tampang apa lagi,...sewaktu SMA, temen-temen seneng banget ngegodain saya.
Yang saya inget sih, dalam hal dijodo-jodoin.
(Ada tampang kesepian kali ya =P)

Korbannya adalah dua orang ikhwan yang sholeh (amiin.. mudah-mudahan mereka mah sholeh beneran. Saya juga ding, semoga).

Korban pertama sewaktu kelas satu, sebut saja namanya Iwan.
Iwan itu lulusan tsanawiyah yang dalam hal hafalan Qur'an dan Hadits.. luar biasa.
Luar biasa karena dia berada di tengah siswa-siswi SMA3 yang notabene - begitulah -.

Mulanya kenapa saya dijodo-jodoin sama Iwan, .. saya sendiri lupa.
Tau-tau udah heboh aja Iwan-Irma. Hii.. yaqs.. Bukan yaqs sama Iwan-nya sih. Cuma jadi sebel aja. Sekalinya emang ada perlu sama Iwan, saya jadi mesti pake perantara gitu biar gak disorakin.
Ada tuh temen yang- dezig dah -suka sengaja naro barang-barangnya Iwan di dalam tas, atau di laci meja saya. Dari mulai alat tulis, buku-buku,.. sampe sebelah sepatunya!!
Terus kan pas Iwan nyari barang-barangnya di meja saya, jadi deketan tuh.. terus.. disorakin deh..
-Garing banget gak sih!!-

Untungnya saya sama Iwan kompakan gak terlalu ambil hati.
Soalnya dibawa kesel juga mereka makin seneng, apalagi kalo dibawa seneng.. ya makin gawat dong.
Akhirnya kami cuman cengengesan aja kalo para 'begundal' itu udah mulai menggoda. Yang 'bukan begundal' jadi ikut-ikutan. Parah.
Baru berhenti setelah Iwan kena tifus dan gak sekolah sampe lebih dari satu bulan.

Kemudian akhirnya kami pisah kelas waktu naik ke kelas dua.

---

Kelas dua, ada lagi korban kedua yang pernah saya ceritain di blog ini. (Aduh, maaf ya saya suat-suat lagi, bos).
Sama yang ini juga saya kompakan gak ambil hati. Seuri we lah. Mo gimana lagi.
Yang saya inget kocaknya, sewaktu beliau ta'lim di depan kelas.
Beliau ambil posisi berdirinya tepat bersandar ke meja saya.
Anak-anak sekelas jelas heboh dan ribut berdehem-dehem. Sebagian cekikikan.
Saya sih nyadar kenapa mereka tenggorokannya tiba-tiba pada gatel begitu.
Tapi si beliau ini berlagak lugu dan sedikit berakting.
Dia memandang heran ke teman-teman di kelas, dan tiba-tiba menunduk.. sambil tangannya bergerak mengecek.. maaf.. kondisi ritsluitingnya.

Huadduh...saya gak kuat nahan ketawa, bareng-bareng dengan meledaknya tawa seluruh peserta ta'lim kelas.

---

Lupa, ini kelas dua atau kelas tiga. Soalnya kelas dua dan tiga saya berada di kelas yang sama bersama dengan teman-teman yang sama. Posisi duduk pun hampir tidak berubah. Saat itu kami diajar oleh seorang guru laki-laki, yang.. entah kenapa tangannya selalu menepuk, mengusap, atau memegang pundak salah seorang teman perempuan saya, yang notabene adalah seorang muslimah belum berjilbab yang memang berwajah manis.
Pak Guru melakukan itu saat dia sedang menjelaskan sambil berjalan berkeliling kelas atau memeriksa pekerjaan kami.
Kami yang duduk di belakang, bisa dengan jelas melihat tangan itu bergerak. Dan bagaimana teman perempuan kami ini mencoba menghindar, tapi gagal.
Hhh.. rasanya pengennnn...fh..
Begitulah setiap kali jam pelajaran si bapak ini berlangsung.
Saya cuma bisa kenyang makan ati.

Entah kali ke berapa ketika tangan itu menyentuh pundak dia lagi, seorang teman saya- laki-laki -, tiba-tiba berdiri dan menggebrak meja..

"PAK! KALAU BAPAK BERANI SENTUH DIA LAGI..SAYA TAMPAR MUKA BAPAK SEKARANG!!"

Seisi kelas terkesiap.. yang paling kesiap tentu saja si pak guru.

Merah padam raut muka pemuda ini sambil tangannya mengepal di atas meja.
Saya lupa apa jawaban Pak Guru .. yang jelas kesimpulannya si bapak meminta sang pemuda tenang, dan menyelesaikan masalah itu dengan baik-baik, empat mata, di luar jam pelajaran.
Si bapak bertampang tak keruan.

Rasain lu Pak!!
Wuih.. rasanya saya pengen bersorak, meneriakkan yel yel, standing applause...khusus bagi sang pemuda gagah berani ini yang berani membela harkat dan martabat kaum wanita!!

Hm... dan pemuda ini bukanlah seorang muslim, saudara-saudara!

----

Masih kisah dari SMA.
Ketika akhwat musti rapat sama ikhwan di DKM. Kami ambil tempat di mushola, dan ingin cari aman dengan membatasi tempat kami duduk dengan hijab kain.
Kami di tempat sholat akhwat, ikhwan ya di tempat sholat ikhwan.
Matahari kebetulan sedang menyorot ke arah mushola ini yang membuat bayangan para ikhwan terpampang jelas di kain hijau tipis itu. Jadi kayak nonton wayang kulit.
Karena merasa gak dilihat akhwat, para ikhwan itu mulai seenaknya. Mungkin karena pegal, di antara mereka ada yang bicara sambil berdiri dan berjalan mondar-mandir.
Teman saya -akhwat- tiba-tiba nyeletuk.
"Ikhwan, coba ya.. rapatnya sambil duduk!"
Bayangan berdiri itu tiba-tiba srut, ..duduk.. diiringi gumaman dan sedikit suara tawa tertahan.
Kami pun sampe sakit perut nahan ketawa sambil nonjokin akhwat tadi yang memang terkenal tegas dan gak pernah basa basi.

---

Kalo yang ini, cerita waktu di Salman.
Di unit tempat saya beraktifitas, ada ruangan khusus akhwat.
Saya terburu-buru mencari seorang teteh di seketariat itu, dan bertanya pada seorang ikhwan.
"Kang..Teteh X udah dateng belom ya?"
"Mmm.."
Si Akang mengamati pintu ruang akhwat.
"Oh..udah..udah.. Tuh sepatunya ada", kata beliau sambil menunjuk sepasang sepatu yang parkir di depan pintu.

Saya sedikit terpana mendengar jawabannya. Secara..gw aja yang deket banget sama teteh ini, gak apal bentuk alas kakinya. Tapi, akang ini kok hafal ya?
Ehm.. jadi curiga.
Saya mulai berprasangka yang enggak-enggak mengenai hubungan si akang dan si teteh ini.

Dan memang benar, si teteh ada di ruang akhwat.

Saya memperbaiki prasangka di hati, dengan mencoba menganalisis:
mungkin juga ya ikhwan hafal sepatu kita, kan kalo ikhwan ngobrol ma akhwat itu pada nunduk, jadi yang dikenali bukan wajah si akhwat. Tapi...
sepatunya.

----

Ketemu temen lama di fesbuk, ya seneng banget.
Saya ketemu juga dengan seorang ikhwan di sini. Mantan atasan saya di Salman. Sepanjang saya kenal, akang ini sangat-sangat-sangat pandai menjaga hijabnya. Dulu pernah karena sebuah urusan, kami sempat pergi berdua ke sebuah tempat. Ngangkot. Di angkot bicara seperlunya, duduk jauhan.
Dan saya mesti berlari-lari kecil mengikuti langkahnya karena saya bener-bener dia tinggalkan.

Tau beliau lagi onlen fesbuk, saya agak ragu juga menyapanya.
Tapi ya sapa aja lah. Sekali ini saja mumpung ketemu ol bareng. Udah bertahun-tahun gak silaturahmi.
Sambutannya cukup baik, tetap terjaga, walau agak bercanda khas beliau.
Kemudian beliau 'berkata': "Eh, udah lama ya kita nggak ngobrol kayak dulu.."
Saya balas dengan jail: "Lho..emang dulu kita suka ngobrol gitu?"
Agak lama..beliau balas lagi: "Maksudnya bareng-bareng temen-temen yang lain, hehe"
Saya berlagak pilon: "ooo.."

Kalo chatting, kadang emang suka pada keluar 'asli'nya ya..
(atau 'palsu'nya??)

---

Ketemu ol lagi di fesbuk dengan seorang teteh, yang beberapa saat sebelumnya kami malah baru smsan.
Irma : Eh.. ketemu di sini geuning..
.......
.......(bermenit-menit)
Irma : Teteeeeeeeeeeeeeh.. kok diem aja?
.......
.......(bermenit-menit)
Irma : Woy! Haloooooooooooo....
.......
.......
Tak lama kemudian Hp saya bunyi. Ada sms masuk. Ternyata sms dari si teteh.
"Ir, yang lagi ol itu suamiku di kalimantan"
....
Saya agak geli pacampur kesel juga.
Saya ngetik lagi:
Irma : "Oh, ini akang ya.."
(suami) Teteh : "Iya"
(suami) Teteh : "maaf ya tadi gak dibalas"
....
Gak saya bales lagi. Keburu ngedumel dalam hati.. bilang kek dari tadi kalo yang lagi ol itu dia, bukan si teteh.
Dan ngapain juga ol pake fesbuknya istri ya?
Bikin bingung aja.
Sampe sekarang kalo ketemu ol dengan si teteh, saya gak pernah mau nyapa lagi.
Kapok.

---

***

1 komentar:

Reza Yogaiswara mengatakan...

hahahahahahahahahaha...(ups)
lucu banget...!!!
saya jadi diliatin orang se-perpustakaan, (karena emang lagi hotspot-an di perpustakaan pas baca artikel ini)
syukron...sangat reflektif, (plus menghibur)
salam kenal dari Reza di Magetan