Jumat, 18 September 2009

Ramadhan 28 -- jelang lebaran

***
Grrrrh.. baru tau kalo suamiku hari ini libur. Jadi bingung saya.
Enaknya kan kalo suami libur saya juga libur?! Sementara anak-anak juga udah jelas libur.
Sementara saya udah merencanakan hari ini di apotek sampe jam 3 sore

Diapain dong ya suami dan anak-anakku? Masa' dibekel ke apotek.. kasian.

Belom lagi bingung mo lebaran di mertua atau ortu. Saya udah netral aja sih, perasaan sama aja koq mo sholat ied di mana.. Cuma memang sejak saya nikah, saya gak pernah lagi sholat ied bareng mamah bapak. Tahun ini kebetulan ada adek iparku yang gak jadi pulang ke rantaunya, tapi lebaran di Bandung (di rumah mertuaku).. so...

.. kalo menjelang lebaran malah disibukkan hal-hal yang gak penting! Mikirin acara hari H, hari H+1, H+2... mana belom jelas juga hari H nya tanggal berapa. Mikirin hari H pake baju yang mana, buat sendiri buat suami, dan buat anak-anak.. juga hari H+1 kalo ke mana-mana pake baju yang mana lagi....
Bekel-bekel.. beres-beres...mikirin makanan pula....

Huduhhhh ... ibu-ibu pisan ya?
Gak heran kalo saya dan teman-teman sebayaku begini saat Ramadhan dan lebaran seringkali merindukan jaman mereka masih gadis. Yang selama Ramadhan dan Syawal cukup memikirkan dirinya sendiri serta lebih khusyu dalam ibadahnya.

Hmm...mungkin karena kebanyakan kita tidak faham akan arti ibadah yang sesungguhnya kali ya? Terlalu berpikiran romantis sehingga ibadah cuma dinilai dari seringnya i'tikaf, khatamnya Al Qur'an, dan panjangnya roka'at dalam sholat.
Bisakah kita berpikir jika ibadah itu tersedia dalam berbagai pilihan? Ada yang memang dipilihkan dan ada pula yang kita bebas untuk memilihnya. Tinggal kita mengkhusyukkan, memulainya dengan basmalah dan menjaga keikhlasannya tanpa melupakan ritualnya.

Karena apapun kita bagaimanapun kita, raqib dan atid tak kan pernah lelah mencatatnya


Eh, waktu gadis juga pan saya gak ikhlas-ikhlas amat.. ngerjain ini itu kadang sambil lihat-lihat 'dia' ada apa enggak. Kalo ada seneng, kalo enggak jadi kecewa.
....Nah loh.. mendingan sekarang atuh
....semoga gak pengen kepuji siapa-siapa deh sekarang mah.. insap!!

***

2 komentar:

palgunadi mengatakan...

irmaaa.....tulisannya amat sangat memberi ssemangatkuw....mksh....soalnya lagi merasa g layak lebaran.....naon deui....secara di bdg bergabung dgn keluarga ortu n mertua yg setiap hari berkubang di masjid....n aku ge mengkhayal yg sama, tp hanya ulukutek pasrah we di rmh....apalagi sempet ada iklan d awan sakit sagala.....mana sempet bingung jg mau lebaran di ortu n mertua....klo bisa badan dibelah 2 mah dibelah.....biar g memandang lagi wajah2 cemburu klo yg satu yg ga kebagian.....hehehe....ya sudahlah....buat yg merasa puas "berduaan" dgn Allah....hehehe....piss...ah....tp kita2 yg ibu2 sejati juga blm tentu lbh jelek ko dr kalian...da sama2 ga tdr oge...begadang jagain anak n nyeuseuh....ah lebayyy....hehehe....naha jd curhat bgini...

rena puspa mengatakan...

irma yg komen di atas teh aku ....tp naha namanya jd bgitu yaa??