Sabtu, 06 September 2008

tragedi opor cinta

Berkaca dari pengalaman 'puding antiseptik', maka aku jadi lebih berhati-hati.
Masih bersyukur, kemarin yang nyicip aku sendiri.
Coba kalau ada orang lain, misalnya teman-teman suamiku yang ngerasain puding itu. Walaaah... bisa jadi aku kabur dari rumah karena tak kuat menanggung malu.

"Mi.. sabtu malem temen-temen mo buka di sini ya,"kata suamiku kemarin lusa.

Memang seminggu sebelumnya aku ketemu sama salah satu teman suamiku itu.
"Ier... sabtu nanti kita buka bersama di cipadung ya!"
"Pesen pizza hut aja ya Kang," jawabku asal.
Gak tau dia.. kalo aku paling males nyediain makanan berat buat tamu, terutama kalo aku mesti masak sendiri.
Tapi ya gimana lagi. Perasaan udah jadi rutinitas tahunan sejak 5 tahun lalu, kalo temen-temen suamiku senang buka bersama di rumah. Asik-asik aja sih sebetulnya.. cuma masaknya itu yang gak asik. Pasalnya aku sendiri puasa, sementara kalo aku masak, mesti tiga sampe lima kali nyicip dan nambah bumbu, barulah masakanku kerasa not bad (gak pede bilang enak).
Kalo makanannya beli... agak-agak gak enak aja. Ngapain makan di rumahku kalo makanannya beli dari luar? Begitulah kurang lebih logika sederhananya.
Padahal aku teh males banget sama yang namanya masak. Gak bakat, kalo kata tukang ngeledekin saya mah (baca komentar puding antiseptik. hiks).

Aku punya akal.
Biar sempet nyicipin sebelum terhidang, gimana kalo aku masaknya jum'at malem?
Opor ayam deh. Tajilnya biar kolak pisang aja. Dua menu itu emang lagi aku pengen juga.
Sip. Lauk lainnya biar menyusul sabtu saja.

Pulang dari apotek, aku belanja dulu bahan-bahannya. Ayam satu kilo, dan pisang secukupnya (pisang jenis apa tu namanya? tau ah) untuk kolak, yang diperkirakan cukup buat makan sekitar 5 orang bapak-bapak. Pokonya ayam terbaik, pisang termanis, dan santan tersehatlah yang kubeli (kurang lebih seperti apa kata Prabowo di tv).

Sampai ke rumah tiba-tiba Sofi muntah. Gak tau kenapa. Setelah muntah dia tidur pulas. Yah mudah2an gak keterusan deh. Lanjut, kusiapkan berbagai bumbu secukupnya dan setaunya. Masih ada yang kurang.
Suami pulang kantor, aku pergi ke warung melengkapi yang kurang itu. Bawang putih, daun salam, dan gula merah.

Bada Isya, aku pun mulai memasak. Sofi bangun dan agak rewel. Ternyata demam.
Sedikit heboh aku bolak balik ke dapur dan ke Sofi yang berbaring di ruang tengah. Dia gak mau ditungguin papahnya. Mau sama umi. Semua sama umi. Sama umi. Sama umi.
Aku jadi kaya setrikaan. Setrika yang cantik (naon deuih).

Jam 9 malam, opor ayam dan kolak pisang sudah jadi. Setelah dicicipi masing-masing tujuh kali, ya rasanya lumayan lah. Lumayan tidak memalukan (lagi-lagi gak mau bilang enak). Dan yang penting, rasanya rasa opor dan rasa kolak asli. Tidak ada embel-embel dettol nya=)
That's enough. Aku memandang hasil masakanku dengan puas.
AlhamduliLlah. Gugur kewajiban sebagai seorang istri. Heheh.

Setelah masak, rutinitas mengeloni dimulai. Ngeloni Sofi, ngeloni Arif, lanjut ngeloni papahnya =P. Aku sendiri jadi sulit tidur, karena setelah makan tadi, aku lanjut minum kopi biar bisa memasak dengan prima (duh Ier.. sebegitunya dirimu!).

Pas sahur aku sengaja tidak hidangkan opor. Khawatir tidak cukup buat maghrib nanti, untuk suamiku dan teman-temannya. Jadinya aku dan suami cuma makan sarden dan oseng tahu toge yang kemarin.
Selepas sahur, kutanya suamiku. "Ntar sore.. paling 5 orang kan ya?"
Suamiku tidak menjawab. Dia cari hp seperti yang baru ingat sesuatu, dan menelepon.
"Di... nanti sore teh sabara urang euy?"
....
"He eh kan waktu itu bilang?"
....
"Euuuh... kunaon atuh?"

Perasaanku mulai gak enak. Gawat nih kalo gak jadi.
Gak rela aku. Gak relaaa! Tulangku sudah dibanting-banting tadi malem di dapur! Tega we mun teu jadi teh!

"Ya ngke mun jadi tong ngadadak nya!.... yo... asalamu'alaikum", suamiku mengakhiri pembicaraannya.

"Gak jadi Mi.."
Gubrak@#$%^*!!!

Ternyata suamiku bilang temen-temennya mau ke sini cuma ngandelin celotehan Dedi, temennya, waktu bilang ke aku minggu kemarin itu...

"Papaaaah.. kirain emang udah dipastiin lagi? Umi kan udah masak banyak!"
"Mana?", suamiku yang asyik di depan komputer tadi malam ternyata gak ngeh kalo sementara itu istrinya masak kayak mau hajatan.
"Inniiiii...", aku membuka tutup panci. Memperlihatkan opor ayam dan kolak yang kubuat semalam. Memang terlihat banyak. Cukup untuk makan 3 hari kami sekeluarga di rumah dalam keadaan aku puasa.

Benar-benar kesal saya. Laki-laki memang terlalu menyederhanakan masalah! Dia pikir ngundang temen-temen ke rumah buat makan itu simpel, apa?!

Bada subuh rasanya aku masih ngambek gak keruan. Berbaring tapi gak niat tidur. Cuma meredakan gejolak hati. Mencoba untuk ikhlas, dan berpikir dikesiapain tu' opor dan kolak biar gak mubazir. Soalnya kalo 3 hari makan itu terus, eneg juga.
Aku mikir-mikir lagi. Kalo sampe kesel gini berarti aku gak ikhlas banget.

Suamiku lirik-lirik. Merhatiin aku yang tampak metutut. Jelek.
Akhirnya dia mengeluarkan jurus jitu meluluhkan hatiku (sensooor sensooor... yang penting gak batal puasa! hehe).
Kalau suamiku sudah begitu aku selalu jadi nyadar, bahwa mestinya aku ikhlas, mestinya semua kulakukan untuk ibadah padaNya. Ibadah dengan melakukan apapun, yang haq tentunya, untuk membahagiakan suamiku.
Anything for u deh Mas...
Aku memasak untuk teman-temanmu, sebenernya kan untukmu seorang...
meskipun terasa pedih... pedih! pedih, Mas!

Akhirnya... biarlah kunamai opor itu, 'opor cinta' saja. Biar rasanya enak untuk berbuka nanti. Daripada judulnya... 'opor miskom' ?!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah..opornya masih ada ga teh? bisa tuh dikirim ke cipedes ;))..hehe. Kalo kejadian lagi teh kaya gt (mudah2an sih ngga)...ga perlu bingung2 lagi mau dikemanain makanan lebihannya ko..cukup telepon ke 085221288*** kami siap menjemput :D