Selasa, 02 September 2008

Puding Antiseptik

***
Hari pertama shaum ramadhan memang agak-agak menderita.
Gak kuat nahan haus, berhubung hari itu panas terik.

Akhirnya saya cari-cari kegiatan menjelang berbuka,
dan demi melihat beberapa butir strawberry segar, saya tiba-tiba dapat ilham buat bikin puding strawberry.
Gak tanggung-tanggung, satu bungkus nutrijell besar dan dua bungkus nutrijell kecil saya buka.
Rasanya sama: strawberry...
hmm... tampak sedap sebagai hidangan tajil nanti...

Dengan urutan seperti biasanya, saya memulai pembuatan puding tersebut:
Sepuluh butir strawberry merah diiris kecil-kecil sambil menunggu cairan agar-agar mendidih di atas kompor.
Delapan gelas air yang saya ambil dari bak, memenuhi panci.
Diaduk-aduk mantap, tampak pink menggiurkan...

Saya siapkan dua loyang plastik untuk menampung cairan pink itu yang sudah mendidih...
Juuur... juuur...

Sofi takjub menonton uminya memasukkan cairan pink itu ke dalam loyang.

"Nanti kalo udah cair boleh dimakan?", tanyanya.
"Kalo udah beku..," kata saya meluruskan.
"Stroberinya digimanain?", tanyanya lagi, berniat membantu.
"Sok sama sofi, masukin ke sini," jawab saya sambil memberi contoh, menaburkan irisan strawberry itu di atas cairan puding yang masih mengepul panas.

Sofi dengan semangat ramadhan... menaburkannya, dan tampak tidak merata.
Tapi tetap saja saya puji. Biar tambah rajin bantu umi. Biar nanti umi gak cape kalo Sofi udah bisa bantu umi (meni teu ikhlas ih, si umi teh).

Setelah agak hangat, saya masukkan dua loyang puding itu ke dalam kulkas.
Arif dan Sofi tampak tidak sabar menunggu untuk mencicipinya.
"Jam berapa Mi, boleh dimakan?"
"Nanti aja ya kalo Papah dateng", kata saya dengan tenang dan bijak.

Saya akhirnya berbuka hanya dengan teh manis, puding saya biarkan dulu di kulkas biar dimakannya bareng-bareng sama suami.

***

Pukul tujuh malam, papanya anak-anak datang, dan Arif spontan mengingatkan saya.
"Mi... katanya... kalo papah dateng....???"

Oh, tentu saja nak...

Saya langsung menuju kulkas dan mengiris puding yang telah siap dimakan dan dingin segar itu.
Saya siapkan dua mangkuk untuk Arif dan Sofi..
"Ini untuk Arif, ini untuk Sofi... ni sendoknya..... Mm.. umi nyobain dulu dikit"


Saya potong sedikit irisan puding di mangkuk Sofi... ammm..
Tapi... oh... oh.... segera saya keluarkan lagi potongan yang barusan singgah di lidah...

Kenapa... kenapa... kenapa rasa puding ini....
"Ya ampuuun... papaah! Umi bodoh! Umi bodoh!!!"
Tak sadar aku menyumpahi diri.
Arif dan Sofi bengong... tak mengerti apa yang telah terjadi..

Saya baru ingat, tadi saya ambil air untuk puding ini dari bak mandi.
-Maklum kran di rumah nyala kalo cetrekin listrik dulu. Air minum ngandelin aqua galon. Sementara air di bak mandi memang cukup terjaga kebersihannya dan biasa kupake masak-

Tapi hari itu emang agak lain. Arif sedang cacar air, dan sesuai saran dokter, air di bak mandi sebaiknya pakai dettol untuk menjaga kesehatan anggota keluarga yang lain.

Walhasil sodara-sodaraku! ...suamiku!... anak-anakku!
Jadilah puding yang umi buat tadi adalah puding stroberi rasa dettol !!

Suamiku cuma senyam-senyum menertawakan kekacrutan istri satu-satunya ini...

hiks2...bodooooh!
**

2 komentar:

arifin mengatakan...

dasar emang dirimu gak bakat masak..

malang benar sofi dan arif

ntar kita ke Pizza Hut lagi ya, gak perlu ngajak umi..wakakaka =D

Unknown mengatakan...

Halo Ier..
bagus2 ya tulisannya..ditunggu tulisan2 berikutnya..(jd fans ceritanya..hahaha)

Btw, saya link blognya ke blog saya ya di momento.mataku.com ya..saya kadang suka nulis, walau cuman coret2 doang sih..:)

-yasin-