Sabtu, 21 Agustus 2010

masjid at-taqwa

***
Ada keharuan tersendiri setiap saya sholat di Masjid At-Taqwa, Binamarga, Bandung. Tak lain itu masjid yang paling dekat dengan rumah orang tua saya.
Setiap saya berdiri dan sujud di sana, rasanya saya selalu kembali ke masa lalu, lebih dari dua puluh lima tahun yang lalu saat saya mulai menyadari bahwa masjid ini ada.
Waktu saya ikut-ikut mamah pengajian karena gak mau ditinggal, lantas tertidur di pangkuan mamah. Selanjutnya saya sendiri ikut pengajian anak-anak dengan berbagai karakter guru ngaji hingga tamat SD.

Ada empat guru ngaji saya, yang sekaligus jadi merebot masjid AtTaqwa. Setau saya mereka adalah orang perantauan yang kuliah di UIN SGD. Tiap lulus, pergi, dan digantikan oleh yang lain. Pertama Pak Mumuh, kedua Pak Rizal, ketiga Pak Dedi, dan yang keempat Pak Andar. Status mereka saat jadi guru ngaji saya, tentunya bujangan.. hehe.. tapi ya gak ngaruh laaa.. gue anak SD belom punya 'perasaan' macem-macem. Yang ada cuma perasaan dekat sekaligus hormat luar biasa.

Pernah juga gerombolan saya dkk dikejar-kejar dan dimarahi sama bapak ketua DKM, gara-gara suka gambar-gambar dan nulis-nulis menuhin papan tulis masjid yang berakibat habisnya berbatang-batang kapur.
Kami memang sering menjadikan masjid tempat main, dan tentu saja papan tulis dan kapurnya seringkali jadi sasaran.

Yang diseremin cuma satu.. kamar di sebelah kiri tempat imam. Di sana tersimpan keranda dan berbagai perlengkapan pengurusan jenazah (kain kafan, kamper, papan, anyaman samak, dll). Gak kuat berlama-lama dekat pintu kamarnya.
Kalau kamar sebelah kanan sih aman. Di sana tersimpan mushaf Qur'an dan sound system.

Saat tarawih memang jadi kenangan indah tersendiri bagi saya (sekali lagi, dan kawan-kawan). Berebut tempat paling tengah di tengah-tengah gank biar gak ketinggalan gosip saat ceramah.. hihi. Tapi kebiasaan buruk ini tak lama saat turun perintah dari guru agama SD kami bahwa setiap ceramah tarawih harus ditulis dan harus minta tandatangan penceramah.

Saat minta tandatangan dan cap masjid, anak-anak yang mendapat perintah sama, sering bejubel dan mengecoh pemberi cap masjid agar mencap buku kami lebih dari satu halaman... Cadangan buat besok-besok, kali aja ntar isi ceramahnya nulis sendiri di rumah, nyalin dari kolom taushiyah di koran. Tandatangan mah sreettt srettt sreett.. bikin we olangan.

Oiyaaa.. waktu Ustadz Aang Kusmayatna alias Kang Ibing (alm) ceramah taraweh di masjid, dapet juga tuh tandatangannya... Meni banggaaaaa buanget waktu itu :)

Saking cintanya sama masjid ini, pernah ada suatu masa saat saya dkk bolak balik ke mesjid untuk ikut sholat wajib berjamaah. Bahkan sholat jum'at pun kami lakoni. Hayyaaah... semangat kali pun !!
Pihak DKM sampai sengaja menyediakan tempat sepetak bagi kami untuk ikut sholat Jum'at.
Tapi lama-lama dipikir kok ya malu juga ya dilihatin sama bapak-bapak dan om-om, plus teman-teman laki-laki kami. Akhirnya kami tak meneruskan 'kebiasaan' sholat jum'at itu, dan sholat wajib pun akhirnya di rumah saja.

Ceramah tarawih di podium? di depan itu? Hoho.. tentu saja pernah saya lakoni juga. Dulu sempat ada masanya akhwat boleh ceramah di atas podium. Tapi itu pun tak lama. Kebijakan dari DKM untuk tidak 'membiasakan' akhwat tampil di depan khalayak ramai. Cukup di depan akhwat sajalah.

Sesi selanjutnya saya sempat jadi guru ngaji kecil-kecilan di masjid ini sampai SMA. Dan semasa kuliahan gak banyak interaksi saya di sini, hingga akhirnya momen penting berupa pengajian pra nikah saya yang dapat bonus do'a dari puluhan ibu-ibu dan bapak-bapak tergelar juga.

Beberapa tahun kemudian, Arif dan Sofi sekolah di Raudhatul Athfal At-Taqwa, rintisan dari Taman Pendidikan Al Qur'an yang dulu saya sempat jadi gurunya juga di TPA itu jaman SMP. Ngajar iqro tiap sore ke beberapa anak dari kampung sebelah, dan totalnya cuman dibayar sepuluh rebu sebulan.. xixi.. tapi enjoy aja. Suka bangettttt :)

Saya amati dari tahun ke tahun jama'ah masjid ini tampak selalu mau 'belajar'. Termasuk mamah dan bapak.
Berbagai ritual yang dipahami bid'ah, perlahan menghilang dari lingkungan masjid ini. Digantikan dengan hal-hal yang sesuai dengan sunnah RasuluLlah SAW. Contoh besarnya: tahlilan, dan contoh kecilnya: niat shaum dan berbagai do'a khususon Ramadhan yang dilafalkan beramai-ramai ba'da tarawih.

Forum-forum pengajian sudah diisi oleh ustadz muda yang pemahaman Islamnya 'ngadalil', gak sekedar ikut-ikutan nenek moyang.
Jadinya meskipun saya tahun-tahun berikutnya aktif di Salman, yang notabene jauh dari hal-hal yang bersifat tradisional, tetep aja bisa nyambung dengan mesjid ini dan dalam banyak hal sepaham pula dengan mamah bapak.

AlhamduliLlah orang tua saya menghabiskan masa tuanya di lingkungan ini. Lingkungan yang banyak menuntun mereka mendekati-Nya. Bapak yang dulu sama sekali tidak bisa baca Al Qur'an, seingat saya lima tahun terakhir bacaan beliau sudah lancar.
Mamah yang dulu tak berjilbab, kini sudah berjilbab dengan rapi. Rapi dalam arti setiap keluar rumah megenakan penutup aurat, sekalipun hanya menyapu teras halaman. Begitu pula dengan sebagian besar ibu-ibu di komplek ini.

Di manapun saya berada, di masjid manapun saya sholat, sepertinya saya akan selalu merindukan masjid AtTaqwa :)

***

Tidak ada komentar: