Selasa, 24 Agustus 2010

kemudahan untuk taat

***
"Kamu mah enak Ir... punya suami baik.. coba gue..eeuuurghhh... Suami elu buat gue dah sini!," ujar seorang perempuan yang telah saya kenal baik, di ujung telepon.
"Husy!", jawab saya sambil nyengir. Sompral amat dia.
Bercanda. Tentu saja dia bercanda dibalik kesedihannya menghadapi suaminya yang bla bla bla. Mau saya bilang sing sabar sing sabar juga da kalau saya jadi dia, keknya sih emang minta cerai sajalah.. Tapi ya masa saya bilang gitu.

Kalau sudah begini ya mendingan saya jadi pendengar saja. 'Percuma' ngomong sabar juga. Ya setidaknya ada tempat dia numpahin perasaan... bikin ember hati dia yang penuh hampir meluap ada tempat lain untuk ditumpahi. Toh kalo udah sampe ke ember hati saya, curahan tadi saya buang juga. Menyisakan endapan hikmah saja barangkali.

Taat pada suami dalam rangka taat kita pada Allah memang ternyata tak mudah.
Pantas saja bila Allah mengiming-imingi surga kepada seorang perempuan yang shalat lima waktu, shaum di bulan ramadhan, dan taat pada suaminya. Tak tanggung-tanggung, bisa masuk surga dari pintu mana saja yang kita suka. Begitu diungkapkan dalam sebuah hadits shahih.

Memperoleh suami yang shalih, ganteng, kaya... (gak usah ngebayangin suami saya, sodara-sodara.. belum tentu dia masuk kriteria.. hahaha), .... adalah sebuah kemudahan yang diberikan Allah bagi seorang istri. Bagaimana tidak mudah... mentaati seorang suami yang memang segala kemauan dan perintahnya masuk akal dan bahkan seringkali untuk kebaikan kita juga sebagai istri?
Bagaimana tidak mudah.. melayani seorang yang ganteng?
Bagaimana tidak mudah.. menyerahkan waktu dan tenaga kita untuk seorang kaya raya?

Itu baru satu contoh kemudahan yang diberikan Allah pada seorang perempuan untuk masuk syurga.

---

"Teteh.. mamah kabur," ketik seseorang di window chat YM.

"Ha? Kabur ke mana?".. bodohnya saya bertanya hal yang gak perlu seperti itu. Kabur ya pasti gak tau ke mana lah... dan esensinya kan kenapa, bukan kemana.
Ya anggap sajalah saya salah ketik.

"Mamah marah ke bapak"...

Beuh... usia pernikahan udah lewat duapuluhan tahun kok ya masih kayak anak keong racun gitu pake acara kabur-kaburan.

Pikiran saya jadi melayang sama mamah bapakku yang adem ayem di rumah mereka saat ini. Sesekali mamah menasihati saya bagaimana melayani suami dengan baik.
Indah bukan?
Mudah bagi saya untuk taat dan berbakti pada orang tua macam mamah dan bapak, yang kemauan dan perintahnya selalu masuk akal dan selalu untuk kebaikan saya juga.

Lekat dalam ingatan waktu saya menghadap mereka, menyatakan bahwa ada seseorang yang berkeinginan untuk melamar saya.
Pernyataan bapak hanya satu, spontan pula: "mun eneng bogoh mah sok wae, bapa mah kumaha eneng"

Haaaa?? Bener nih Pa?? Gak akan dilihat dulu barangnya??? Sepercaya itukah bapak sama saya?? Heuheuuuu... tengkyuuu Paaaaa....
*teriak saya dalam hati tentu saja*

Bapak seperti yang gak mau tau siapa calon menantunya itu, kerja di mana, anaknya siapa. Kunci dia cuma satu, saya cinta lelaki itu.

Ketika saya bilang sang lelaki idamanku mau datang, barulah bapak sedikit bertanya background dari sang calon. Nama, usia, dan pekerjaan. Setelah itu bapak nanya-nanya sendiri sama calon suami saya. Dan di akhir obrolan malah langsung tanya kira-kira kapan mau khitbah saya secara resmi.
Ampun. Bapak gue gitu loh. To the point abis.

Logis saja sebetulnya pikiran beliau. Kalau sampai ada orang tua melarang anaknya menikahi seseorang yang dicintainya, berarti orang tua itu membuka kesempatan bagi anaknya untuk selingkuh di kemudian hari.
Hahahah... si bapa aya-aya wae... Tapi bener juga sih. Dan, kalau ujung-ujungnya anaknya tetep selingkuh mah, bapak gak punya beban untuk merasa 'bersalah'.
Tentu saja itu setelah menepis kemungkinan bila sang anak memilih seseorang yang berbeda iman dan keyakinan.

Nah.. itulah kemudahan kedua bagi seseorang untuk taat perintah Nya. Memiliki orang tua yang shalih.

***

Kemudahan selanjutnya ...

Satu hal yang saya syukuri berada di lingkungan farmasi, adalah karena teman-teman saya banyak perempuan. Hehe...
Itu kemudahan buat saya untuk taat dalam hal berhijab.
Ya gimana mau macem-macem sama lawan jenis pas kuliah? Da di farmasi mah lawan jenisna oge euweuhan... hahaha....

Baru ditag di notenya temen, yang mengupload salah satu tulisan di bukom fardes.
Farmasi pedesaan, saat saya dan teman-teman berbagai angkatan tinggal satu minggu di sebuah desa terpencil.
Notenya singkat, karena baru mengangkat satu tulisan saja, tapi bener-bener menguak kenangan saya selama satu minggu dulu itu.
Hmmm..., tinggal satu rumah dengan para lelaki bukan mahram selama seminggu, tanpa listrik plus banyak ular... Tapi ya kok yang saya inget tetep aja kenangan bareng temen-temen perempuannya ya? Dan tentu saja ularnya..
Hihi..syukurlah. Bener-bener unforgetable moment.

Naaaah... jadinya gak kebayang tuh bila saya harus menceburkan diri masuk teknik mesin misalnya. Aaargghhh... mesti jadi "akhwat jaim" tiap hari dong? Atau malah jadi perempuan brutal? Atau sok cantik? Huekkk...

***

Jadi orang kaya? Slurp.. itu suatu kemudahan untuk taat yang saya dambakan.
Kebayang ya, kalo jadi orang kaya. Shodaqoh sana shodaqoh sini. Punya teman yang berhutang sama kita dengan leluasanya kita bebaskan saja. Terusss.. punya rumah gedeee yang bisa dijadiin tempat aktivitas teman-teman aktivis untuk pengajian atau apapun ....(asal jangan jadi sarang teroris saja.. hehe). Punya mobil baguuus yang irit dan gak mogokan untuk bisa antar jemput apaaa aja... *naon sih*... ya intinya untuk beramal.

Amiiin.. amiiin... amiiin...
Doakan saya biar jadi orang kaya yang dermawati...amiiiin....

***

Yang kelima, waktu luang..
Wew.. itu sebenernya jebakan, antara kemudahan untuk taat atau justru untuk maksiat.
Banyak orang yang terlalu sibuk untuk menghadiri majelis kajian ilmu. Banyak orang yang meninggalkan shalat sunnah karena sibuk. Banyak juga orang yang lupa silaturahim dengan saudara-saudaranya karena sibuk.
Nah.. buat yang diberi waktu luang, alangkah indahnya bila bisa mengisinya dengan amalan-amalan sunnah. Menyibukkan diri dengan hal-hal bermanfaat, dengan tidak lupa meluruskan niat.

***

Keenam, diberi-Nya pula saya saat ini, tubuh yang segar dan sehat. Keluarga yang sehat. Tidak ada satupun saat ini keluarga dekat saya yang sakit. AlhamduliLlaah.. bahkan Arif dan Sofi pun tamat shaumnya tanpa keluhan sedikit pun.
Sakit adalah hal yang paling menggoda iman buat saya. Di luar ramadhan, sakit kepala sedikit saja membuat saya urung shaum sunnah. Pilek sedikit saja, maunya tiduran dan bermalas-malasan. Pusing sedikit saja membuat saya ketus sama suami.
Gimana kalo sakit parah ya??? Na'udzubiLlaahimindzaliiik....

Makanya dikasih sehat adalah kemudahan luar biasa bagi saya untuk bisa beramal shalih dengan ikhlas seikhlas-ikhlasnya, insyaa Allah.

***

Barangkali tulisan ini hanya untuk mengingatkan diri tentang syukur.
Bersyukur bukan hanya berterimakasih dan memuji-Nya. Tapi juga bagaimana memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang telah kita peroleh itu agar digunakan untuk taat pada-Nya.

Semoga, selalu, selamanya.

Izinkan hamba ya Allah,
mudahkan hamba untuk memasuki syurga-Mu yang indahnya tak terbayangkan itu...

Aamiiin..

***

Jadi inget blognya Bunda Zidan dan Syifa... posting terakhirnya sebelum meninggal...
huaaa.....


***

Panjangkan umur hamba dalam kebaikan Ya Allah...

(do'a minta dimudahkan masuk syurga memang bikin merinding ah....)

****

2 komentar:

arifin mengatakan...

"Ya gimana mau macem-macem sama lawan jenis pas kuliah? Da di farmasi mah lawan jenisna oge euweuhan.."

euweuhan?? sungguh aku tak terima =P
jaman didinya hungkul we meureun euweuhan, ato malah mungkin sebaliknya bagi jalu-jalu farmasi ahwat2 itu membosankan, laksana mati di lumbung padi karena cuma bisa makan gandum. wekwew =P

ier mengatakan...

oh.. enya... aya nya... maap .. heheh...