Sabtu, 24 Oktober 2009

mengetik sepuluh jari

***
Satu-satunya barangkali, ilmu yang benar-benar bisa saya aplikasikan seumur hidup saya dari pelajaran kelas 1 SMA adalah ilmu mengetik sepuluh jari.
Dulu dinamai pelajaran ketrampilan. Semester dua kalau tidak salah, kami memperoleh pelajaran tersebut dari seorang ibu guru bernama Ibu Yoyoh Rokayah (semoga Allah melimpahkan kasih sayang Nya pada ibu guru kami ini).

Dan bisa jadi bila saya tidak memiliki ketrampilan mengetik , saya bakal males banget mengupdate blog ini. Secara kini bagi saya mengetik di atas tuts keyboard komputer itu sepeti layaknya bicara saja... tak hafal bagaimana cara mengeluarkan huruf L atau H (dari tenggorokan atau lidah?).. ya pokonya keluar aja.

Bagi pengetik sejati seperti saya.. , udah gak hafal lagi di manakah letak huruf K atau F di keyboard. Bila ditanya, atau lebih tepatnya bertanya pada diri sendiri (karena siapa juga yang mo nanya) di manakah letak huruf K? Maka saya akan membengkokkan jari-jari saya dan mengetik sesuatu di udara, yang ada huruf K nya.. misal K O D O K
nah.. barulah saya bisa jawab.

Barangkali juga, semua siswa di Indonesia mendapatkan pelajaran ketrampilan ini, dan bisa jadi Anda adalah salah satunya.

Ha.. pasti ingat ya.. gimana dulu waktu sekolah kita mesti bawa-bawa mesin tik.
Yang di sekolah biasanya mesin tik gede kayak di kelurahan. Saya sendiri memilih untuk bawa sendiri dari rumah. Mesin tik merah bermerek 'brother'.
Berat, apalagi saya musti ngangkot atau ngebis. Khawatir juga mesin tik saya ketinggalan di dalam kendaraan umum itu.

Pernah ketinggalan sih.. tapi di dalam kelas. Saat itu saya merasa jadi orang penting ketika seseorang bilang kalau akang X (kelas 2) nyariin saya. Hoho.. siapa yang tak kenal akang X?? Ganteng, sholeh, dan pintar.
Ada apakah gerangan dia mencari saya?
Akhirnya dari kejauhan saya lihat si akang itu berjalan agak miring ke kiri, secara di tangan kanannya beliau menenteng.. .. apa tu.. hihi.. 'brother'ku !!

"Ini ketinggalan di kelas..", katanya sambil senyum. Beliau memang gantian kelasnya dengan saya. Dia giliran masuk siang saat itu. Kebetulan pula di tutup mesin tik tertempel label nama saya. Dan saya? siapa sih yang gak kenal?

"Waduh.. makasih banyak Kang ...", jawab saya sambil menerima si 'brother', tentu dengan senyum yang mudah-mudahan manis, seraya berkata dalam hati "semoga hubungan kita berlanjut tak hanya sampai di sini.."


Si Akang ganteng itu mengangguk, masih dengan senyumnya.. heu.. geer aja gw, padahal kali di hatinya mah dia berkata, "Sial lo!! Nyusahin gw aja !!"

.. gak segitunya kali ya..


Saya tidak tau pasti bagaimana anak-anak sekolah sekarang diajari ketrampilan mengetik. Masihkah dengan mesin tik biasa? atau pindah ke komputerkah? Kalo digoogling, saat ini banyak fasilitas software yang dapat mengajari kita mengetik sepuluh jari ya...
Tapi saya justru merasa bahwa belajar mengetik sepuluh jari dengan mesin tik biasa bisa lebih cepat. Kenapa?

Masih ingat saya, bagaimana kelingking kiri saya 'jontor' gara-gara dipaksa berlatih mengetik huruf A A A A... ratusan kali...belom lagi beberapa jari seringkali terjepit di antara tuts. Begitu menderita, tapi dengan begitu setiap hurufnya begitu berkesan hingga meninggalkan sakit yang mendalam di setiap jari saya, kecuali jempol. Jempol kanan masih mending ngetik spasi. Lha yang kiri.. dilihat-lihat kok dia gak ada fungsinya ya? hehe.. tuh kan .. ngacung aja palingan..
Makin sakit di jari, makin hafal saya hurufnya...
si A itulah memang yang paling berkesan (yang namanya dari A gak usah ngacung).
Udah mah ngetoknya pake kelingking, kiri pula.. halaaaaah...

Selesai pelajaran di akhir semester genap itu, saya lupa dapat nilai berapa.. tapi okelah saya sudah bisa mengetik dengan seluruh hurufnya ditutup selotip hitam.

Beberapa kali mengetik di luar pelajaran, saya masih intip-intip huruf dan menempatkan jari tidak pada tempatnya, alias sekenanya. Pun mata saya masih juga terpaku pada keyboard, tidak pada kertas tik atau layar komputer.

Untungnya saya nyadar aja waktu itu, kalo saya gak konsisten mempraktekkan ketrampilan mengetik yang udah saya dapet, maka sia-sia saja selama satu semester saya diberi ilmu ini, bawa-bawa mesin tik sampe pegel, dan menjontorkan jari-jari ini tanpa rasa kasihan. Sayang.

Akhirnya dalam keadaan apapun.. biar lambat mengetiknya, saya coba memasang empat jari kiri di ASDF, lima jari kanan di spasiJKL;, memaku pandangan di layar komputer atau kertas mesin tik, dan.. menulis.

AlhamduliLlah, alah bisa karena biasa. Kini sesedikit apapun saya mengetik, kebiasaan itu tetap berlanjut, dan kalau dites di sini, hasilnya adalah:

52 words

Speed test



Cobain deh.. tes kecepatan mengetik Anda..

***

4 komentar:

Herru Suwandi mengatakan...

Udah test Teh, 57 wpm :-) saya kebetulan lulusan poltek ITB, jurusan tata niaga, dulu kita dpt pelajaran mengetik sampe 2 semester. Makanya lulusan poltek ITB tata niaga, dijamin lah sepuluh jari buta :-)Duka ketang kalau angkatan yang sekarang mah.

ier mengatakan...

wah.. heRRu kereen !!
saya jurusan farmasi, jadi maklumlah.. hehehe...

rena puspa mengatakan...

mksh maaa.....postingannya.....semoga kemampuan chattingku makin terasah dilengkapi ama kursus dr irma....:-D

heni mengatakan...

Jadi inget dosen pembimbingku yg alumni SMA 3 angk. 1993 juga bilang : "dapet ilmu ngetik 10 jari dari SMA makanya bisa diterima kerja di luar negeri, ilmu kuliahnya mah ngga ditanya sama sekali..." ;)