Selasa, 02 Maret 2010

habitatku habitatmu

***
Kalau ditelusuri, kenapa kita jadi seperti kita saat ini, sangat bisa jadi kalau lingkungan amat sangat mempengaruhi. Teman main waktu kecil, SD kita, SMP, SMA, kuliah, organisasi, hingga lingkungan RT RW.

Masih ingat siapa sahabat kita waktu kecil?
Saya ingat. Dini namanya. Saya memanggilnya teteh karena di atas saya satu tahun. Dia adalah lingkungan yang baik buat saya. Koleksi bukunya banyak, hingga saya senang sekali membaca. Anaknya juga lincah hingga permainan fisik apapun sering kami lakoni. Tentunya yang sering dimainkan anak perempuan pada saat itu.

Ingat waktu saya pulang ke rumah dengan sedih.
Mamah tanya, kenapa saya pulang.
Saya jawab, Teh Dini ke mesjid, ngaji.
Mamah usul, kenapa gak ikut ngaji sama Teh Dini?
Hmmm... bener-bener gak kepikiran sama saya. Dan waktu itu saya gak nyangka kalau saya udah boleh ngaji... hehe. Kirain harus nunggu sampai saya seusia Teh Dini, setahun lagi.
Dengan semangat, saat itu juga saya mandi sore dan dipakaikan baju panjang plus kerudung mamah yang dilipat sedemikian hingga bisa jadi kerudung saya.

Disambut gembira oleh teman-teman di masjid, juga Teh Ida, guru ngaji pertama saya, hingga saya kenal alif ba ta tsa dari beliau.
AlhamduliLlah...

Hingga SD saya bersahabat lekat dengan Teh Dini di lingkungan rumah.

***

Di SMP, saya ketemu teman sebangku, Della namanya.
Dia sahabat yang baik luar biasa.
Anaknya cerdas, dan tak pernah bisa saya kalahkan secara akademik kecuali pada saat terakhir EBTANAS, saya dapat NEM lebih besar darinya.
Dia selalu rengking satu, dan saya selalu rengking dua. Dan kami tak pernah berpisah bangku hingga kelas tiga SMP.

Dia putri dari seorang dosen UIN, yang terkenal kepandaian dan keshalihannya. Kalau saya ke rumahnya..wow.. tumpukan buku bertuliskan arab gundul dan berbagai buku-buku keagamaan memenuhi rumahnya. Benar-benar keluarga pembelajar sejati.

Kelas dua SMP Della mulai mengenakan jilbab. Saya belum.
Tapi saya memang mau seperti Della.
Rasanya belom faham juga kalau jilbab itu wajib. Tapi karena mamah mulai pakai, dan Della juga pakai, saya jadi pengen.

AlhamduliLLah, sejak saat itu, kelas 3 SMP, setahun setelah Della pakai jilbab, saya kenakan pula pakaian tertutup itu, walau pada zaman itu perempuan berkerudung masihlah langka.

***

Masuk SMA, jelaslah saya jadi makhluk 'aneh' dengan kerudung putih menempel di kepala. Tapi tahukah anda, jika hal itu ternyata menentukan arah hidup saya selanjutnya?
Dengan kerudung itu saya tiba-tiba 'dikerubuti' para ikhwan dan akhwat (baca: aktivis DKM) kakak kelas.
Malah binglas (pembimbing kelas) saya yang waktu itu amat sangat saya kagumi karena ... karena apa ya? ganteng kitu? nya lucu we lah pokonya..hihi.. sempat menulis catatan kecil di buku saya:
"Masuk DKM ya Ir.."
Wooooow... siapa yang tak berbunga-bunga ada seorang ikhwan kakak kelas yang menulis 'surat rahasia' begitu untuk saya? Mantaps.

Tentu saja saya langsung daftar masuk jadi anggota DKM. Dan selanjutnya, dan seterusnya, DKM Al Furqon itu mewarnai hidup saya. Meskipun saya ikut dua organisasi lain, tetep aja hati ini lebih nyaman di musholla.
Semoga memang ketularan shalihahnya dari teman-teman di sana. Menurut gosip sih memang saya jadi dikenal shalihah... cenah... katanya... amiin.

Di SMA ini urusan akademik ternyata saya ketularan abis-abisan. Masih ingat saya menjelang EBTANAS ... yang namanya waktu istirahat dipake belajar... fyuh...
Jadi malu sendiri kalo kita ketawa-ketiwi gak pegang buku...

Sebenernya gak semua belajar juga sich. Kalo diintip-intip ada yang cuma main catur jawa sama temen sebangkunya. Tapi gayanya itu lho.. 'belajar' banget.
Pokonya malu lah kalo punya gaya 'gak belajar' waktu itu.

Seingat saya yang hobinya main catur jawa adalah Iin dan Shinta. Mereka berani gak belajar karena isi otaknya udah oke banget. Terbukti Iin akhirnya masuk IF dan Shinta masuk TI di almamater favorit.

Ada juga di kelas, Novi.. yang gak pernah ribut. Menghormati teman-temannya yang belajar. Dia seringkali sibuk mencuwil-cuwil ujung rambut sunsilknya dengan kedua tangannya sambil setengah melamun. Ah.. otaknya udah penuh juga tu anak. Terbukti juga dia masuk EL.

Beuh.. sementara saya bekerja keras bersimbah peluh dengan teman sebangku saya Rika, (alm.).. tanya sana tanya sini. Ya koq mereka pada bisa jawab dengan entengnya yah, kalo saya tanya.

Sekalinya main ribut, teman-teman kelas tercintaku ini kerjanya main pingpong di bangku, dengan Pitut sebagai salah satu atletnya (suaminya Ceu Irena Puspawardani tea..wkwk...).
Bah.. ternyata Pitut menggosipkan saya pada istrinya, kalo saya ini dulu tukang misuh-misuh kalo temen-temen pada maen pingpong kelas. Kata saya: "Itu perbuatan sia-sia.."... Ya ampuuuuuunnnnn... masa sih Pitut? Aku ngomong gitu dulu?
Paingaaaan euweuh nu bogoh ka saya nyakk.... heuheu....
Pitut tukang pingpong aja bisa masuk MS, sementara guweee... masih untung bisa masuk FA juga. Padahal asa paling rajin sedunia. Komo mun teu rajin kitu nya?

***

Tulisan narsis abis ini bener-bener curcol ya..
Saya cuma pengen nunjukin kalo yang namanya lingkungan kita itu nentuin pola pikir dan kebiasaan yang melekat hingga tua.
Hikmahnya, pemikiran inilah yang seringkali membuat saya bisa banyak bertoleransi dengan orang-orang yang berbeda pemahaman, karakter, dan kebiasaan, yaitu karena lingkungan tempat kita dibesarkan pastilah berbeda.

Tinggal bagaimana kita -sekarang- menjadi lingkungan yang baik, bagi sahabat-sahabat kita, pasangan kita, keluarga kita, dan terutama anak-anak kita.

-Lingkungan
di mana kita
membentuk
dan dibentuk
olehnya-

***

2 komentar:

rena puspa mengatakan...

bener ier....kudu na mah teu rajin jiga suami sayah...mbeh bisa msk teknik mesin....wkwkwkw

Iin mengatakan...

hahaha.. iiierr, pencemaran nama baik nih!! :))

dulu iin gak pernah maen catur jawa kok (baca: gak pernah menang maen catur jawa lawan shinta, haha).
iin waktu itu cuma sibuk panik ngeliat anak2 lain udah hampir namatin buku soal2 sipenmaru/umptn 10 taun bersampul merah yg tebel banget itu :)) akhirnya menghibur diri dg nenteng2 buku saku rangkuman biologi dan kimia kmana2.. hahahaha..

ah, masa2 stres yg indah ya dulu itu.. (indah krn udah selese, hehehehe..). tp bener kata ierma, klo gak krn habitat kita yg spt itu dulu, kyknya iin jg gak bakal bisa kuliah disitu :)