Sabtu, 04 April 2009

snowman, benda padat atau cair? (1)

Snowman... benda padat, atau cair ??
Share
Sunday, March 8, 2009 at 9:03pm

Ini sebetulnya PRnya Arif yang telah dikerjakan pekan lalu.
Mengklasifikasikan mana benda padat, benda cair, dan gas.
Dari print out 12 macam gambar benda yang ditempel Bu Guru di buku PR, setiap gambarnya harus diberi warna..
merah untuk benda padat, biru untuk benda cair, dan kuning untuk gas.

Awalnya agak bingung,
misalnya karena ada gambar botol berisi air.

Ini maksudnya gambar air di dalam botol, atau botol berisi air? Hehe.. (beda toh?)
Tapi ya sudrahla.... itu benda cair, Nak..

Tiba pada giliran gambar gelembung...
Saya dan Arif keukeuh kalo itu gelembung.
Sementara papanya keukeuh kalo itu gambar tetesan air.
Sofi tentu saja no comment.
Pertengkaran pun tidak terelakkan.
Si papah sampe nyipratin air ke atas taplak plastik meja makan.
Dan saya membalas dengan membanting kursi (.. hehe.. boong banget..)

Akhirnya Arif ambil jalan tengah.
"Itu gambar gelembung, dan itu benda cair!!!!"
Didebat sama saya juga dia keukeuh kalo itu adalah benda cair.
Ya sudrahla....wherever you go whatever you do.. I will be right here waiting for you...

Tiba pada manusia salju...
kami sekeluarga sepakat, bahwa itu adalah benda padat.
Peun.
Ngerjain PR anak kelas 1 SD aja sampe rapat keluarga coba!!

----

Besoknya saya periksa buku PR Arif.
Ada dua point yang disalahkan Bu Guru.
Pertama, gelembung itu mestinya masuk kategori gas. Sepakat.
Dan kedua, manusia salju itu mestinya masuk kategori benda cair.
Haaa... Manusia salju benda cair?

Saya langsung protes di buku penghubung..
"Komentar PR: bukankah snowman=es itu benda padat? mohon penjelasan"
Begitu tulis saya.

Sepulang Arif sekolah besoknya lagi, ada jawaban Bu Guru:
"Umi, sebelumnya Bu Guru ucapkan terimakasih atas masukannya.
Memang jika dilihat secara bentuk, snowman itu solid. Akan tetapi pada akhirnya akan mencair.
Salah satu kriteria benda padat adalah kuat (tidak mudah untuk hancur). Dan salju cukup mudah untuk dihancurkan.
Demikian info dan penjelasannya. Terimakasih"

Wah.. kalo saya tatap muka sama Bu Guru, tanpa baku hantam pun tampaknya saya bakal menang nih sebenernya.
Tapi karena medianya terbatas begini, saya memilih untuk tidak melanjutkan perdebatan.

Bahkan saya pun tidak bertanya pada Arif, apa dia mau ikut pendapat Bu Guru atau pendapat saya. Biarlah dia berpikir sendiri dan menemukan sendiri jawabannya.
Ketika saya tanya Arif, apa kriteria benda padat dan cair, Arif belum bisa mendeskripsikannya dengan baik... kurang lebih jawabannya adalah "pokoknya ya gitu deh".

-----

Belakangan saya jadi khawatir juga jangan-jangan ada sikap saya yang salah:

1. Hmmm... jangan-jangan... emang snowman itu benda cair??
*maklum dah lama gak sekolah*

2. Kalo iya benda padat, apa mesti saya mendatangi Bu Guru dan berdebat tentang hal ini demi masa depan para siswa?
*bertanggungjawab akan masa depan bangsa*

3. Atau saya cukup berdiskusi dengan Arif agar Arif sadar bahwa snowman itu benda padat?
*maksa*

What do you think about it?

***
Written about a month ago

Show 10 more comments...
Mariati Abdulkadir at 5:02pm March 9
kayaknya kriteria bu gurunya sama sekali tidak ilmiah.. kalo gitu coklat batangan juga benda cair ya.. kalo dikantongin mencair hehe.. es batu juga benda cair, lama kelamaan mencair.. trus bener juga tuh kata ninuk, istana pasir juga mudah hancur..

kalo udah diskusi, update lagi ya bu.. pengen tau bu gurunya keukeuh apa gak :D

Irma Vitriani Susanti at 7:58pm March 9
Dan kalo gitu alasannya, berarti kita juga benda mati ya Yun??

Hehe.. ntar diupdate di blog saya yah...:) Iyun masih setia membuka blogku kannn?? Sori di sana jadi suka dipake curhat aja sekarang. Blog jadi sepi gara2 fb :P

Swestika Swandari at 7:59pm March 9
Snowman for benda padat !!
Teh, diskusi lagi ama gurunya Arif.. :D
Kali ini harus keliatan lulusan ITB ya.. tidak seperti yang ini..http://wizhier.blogspot.com/2009/01/buat-apa-kita-belajar.html heuheu...

Irma Vitriani Susanti at 8:07pm March 9
wkwkwkwk....saya hapus ahh postingannya... :P

Belli Belinda at 8:57pm March 9
Snowman menurut petani adalah benda padat sok weh gegel bari moyan...tak akan mencair...tinggal pilih yang permanent atau white board....(tah..aip itu kt wa umis..wakakkakakakkak) ,emh aip tea calon propesor hehehehe..aip hebaaaaaat :)

Diah Kusumawati at 2:17am March 10
snowman= benda padat, bu guru. kecuali kalo snowman dimasukin ke panci gede trus digodog, tah eta jadi cai panas. itu perubahan fasa padat ke fasa cair. coklat, plastik, baja oge bisa mencair, tergantung suhunya. bukan sok ilmiah, lho. lagian saya mah bukan tukang insinyur, bukan juga alumni ITB. :-) atau gini aja:" arif, kakek & nenek bogor udah ... Read Morenanya ke snowman di pyrennees, katanya snowman benda padat. titik. end of discussion." berarti yg diomongin bu guru snowman di bandung, yah udah cair atuh... sama2 bener kan? makin bingung kan? udah ah, jd pusing saya oge. tunduh...

Irma Vitriani Susanti at 4:38am March 10
Uwa Belli, Tante Diah....nuhun ah.. abdi janten ngiring pusing mikiran snowman nu digegel bari moyan jeung snowman nu dibawa ti pyrennees ka bandung ....!@#$%^&*
(Pyrennees teh.. pami ti Cilengkrang ka palih mana eta teh Neng?)

Sri Yayu Indriyani R at 11:58am March 10
punten nembe ngasih komentar Ier.

Snowman, saya setuju termasuk benda padat.

Alasannya : karena dalam wujud snow (salju) apalagi sudh dibentuk snowman, dia memiliki sifat2 benda padat, bukan liquid.... Read More

Contoh yang sepadan : es batu, apakah ini termasuk benda padat/cair? bisa dijadikan bahan diskusi dengan Bu Guru tadi (btw, Arif sekolah di dekat TK nya yang dulu Ier?)

--> snow atau salju atau yuki (bhs jepang), teksturnya kalo baru turn memang lembut, tapi kalo sudah jatuh ke tanah, apalagi dibentuk bulat2 (snowman) akan menjadi keras, lumayan kalo dilemparin ke badan kita he..he..apalagi ke muka (inget pas main lempar2an salju sama anak2) :).

Mudah2an bisa mencerahkan Ier.

Sulitnya belajar tanpa meilhat langsung ya. Sama juga di isni, saat anak2 belajar tentang transportasi tradisional di Indonesia, pasar rakyat di Indonesia, bagi yang ikut pelajaran INA, apalagi PPKN, sulit mengikuti karena nggak kebayang.

Irma Vitriani Susanti at 8:07pm March 10
@Yayu: Arif sekolah bukan di deket TK yang dulu, bukan juga di SD kita dulu :)
Inget gak Yay.. dulu jaman SD - bareng Lia - kita suka eksperimen pelajaran IPA di rumah saya? Hehe.. sok ilmiah pisan.. Tapi dipikir-pikir.. keren juga kita dulu ya :P

Lita Edia at 8:32pm March 23
kumaha Ier...dah ngobrol lagi sama gurunya arif? kumaha komentar terbarunya sang guru?

Tidak ada komentar: