Minggu, 09 Januari 2011

bahagia dengan dirinya

***
Sebelum menikah, begitu besar pikiran saya tercurah untuk membayangkan sosok suami ideal, dengan melihat para pasutri di sekitar saya.

Sosok pertama yang muncul dalam benak saya adalah bapak saya sendiri.
Saya senangi banyak hal dari bapak, dan sikap bapak terhadap mamah yang menurut saya so sweet. Terutama saat bapak tak pernah ragu bantu mamah nyapu, ngepel, cuci piring, bahkan memasak. Sampai sekarang sambel buatan bapak gak ada yang bisa nandingin. Hingga cucu-cucunya pun menyukai sambel buatan bapak itu yang sekarang terkenal dengan sebutan 'sambel aki'.

Sosok berikutnya yang saya lihat .. mmm.. siapa ya.. A Agym kali ya, yang mulai merasuki benak saya sejak SMA.
Duuh.. seneng ya punya suami yang ntar kalo tahajjud bareng, bisa mimpin do'a sampe berurai air mata kayak gini.... terus pernah kan tuh ceramah bareng T'Ninih, dan mereka saling menimpali dengan kompaknya. Waaaah... bahagianya jadi T'Ninih....

Sosok berikutnya,... akang mentor saya dulu di Salman. Beda usia gak jauh. Cuma saya sih gak kebelet mau sama dia... asa gak kepikiran we. Dianya juga cuek bebek sama saya.
Dia orangnya seneng jalan-jalan naek gunung. Saya dan teman-teman berkali-kali naik gunung bareng dia, bahkan camping.
Nah pas camping itu, di depan api unggun dia bilang.. “Ntar kalo saya nikah dan punya anak, saya mo sering ajak anak istri saya camping kayak gini...”
Weeew... kayaknya asikkkk yaaaa... iya ah...ntar saya mau ajak suami saya camping juga ah...

Oiya... saya juga seneng lihat pasangan suami istri yang naek motor... hahahaha...
Kayaknya asik gitu, dunia milik berdua.... qqqq....

Tapi entahlah da yang namanya jodoh tea ya...
Pertama kali ketemu suami saya, bener-bener pertamaaaaaa kali. Sampai saya juga belum tau namanya, bahkan dia melihat saya pun belum, … saya sudah melihatnya istimewa.

Gak tau... beda rarasaan....

asa 'tring' gitulah... berpendar-pendar...

baru berpendar, belum berperasaan....

ada interaksi...

sedikit mengenalnya... (apanya ya? Nama, no telpon rumah, gaya bicara)

Hingga saat saya tak lagi kontak dengannya, …. dan... turuluuluutuut (suara telepon). Dan halooooo??????

Gile bener.... dia nembakkk..... dengan kejam pula.
Dengan cara yang amat sangat tidak romantis.
Grogi kali ya?

Tapi dengan cara nembaknya yang kejam itu saya melayang. ....jauh... tinggiiii..

Dan jatuh ke pelaminan.... gubrak!

Gak sempat saya bertanya dia suka nyapu masak ngepel enggak?
Gak sempat saya tau dia bisa mimpin do'a kayak A Agym enggak?
Gak sempet saya ngecek dia punya SIM C apa tidak?
Saya boro-boro nanya juga, apa dia suka camping dan naik gunung....

Whahahaha... perasaan semua pertanyaan itu gak penting.
Yang saya tau dia interest terhadap Islamnya tinggi....
dan lain-lainnya yang berhubungan dengan keimanan.
Semuanya cocok dengan saya.

Oya, faktor keluarga suami cukup besar juga saya pertimbangkan.
Tapi setelah pertama kali saya dikenalkan pada keluarganya, semua tampak baik dan menyenangkan. Mereka menerima saya.

Baiklah.... akhirnya semua memang jadi berasa tidak penting lagi.

Dengan bermodal pengenalan yang tidak terlalu banyak itu kami menikah....

Pemikiran-pemikiran yang dulu sempat tersirat itu, kemudian, ternyata, muncul kembali.
Pengen yang gitu itu tuh.... yang kayak bapak, kayak Aa, kayak si akang, kayak tukang ojek....

Dan dodol sekali... suamiku bukan tipe seperti mereka....

Pun saya tau dalam bayangannya.... ada sosok perempuan yang bukan saya... wkwkwk..

Duuuuh... bagi saya dan suami barangkali tiga bulan pertama adalah tiga bulan yang aneh. Senang tapi juga sebel. Keselnya luar biasa. Saya sering nangis-nangis pula. Saya pengennya A, suami pengennya B....
Kami jadi saling tau 'asli'nya. Dulu rasanya sudah terbuka. Tapi ternyata kalau sudah berhadapan... weeeeeekkkkssss.....

Eh, ya gak separah itu sih... cuma ternyata kami harus lebih banyak menelan bulat-bulat kenyataan bahwa dia tidak seideal bayangan saya, dan tampaknya saya pun tak seideal bayangan dia.

Hanya komitmen yang menyatukan kami. Tak terpikirlah untuk berpisah. Tak terpikirlah untuk cari selingkuhan. Da sama-sama sadar bila yang dicari memang bukan kebahagiaan sesaat. Dan sama-sama ngeh tujuan nikah bukan sekedar untuk hal-hal sepele kayak gitu.

Waktu berlalu,... punya anak, ...pisah rumah dari mertua/orang tua.....

Terasa cukup mudah ternyata menjalaninya....cepat.. lewat begitu saja...
Sungguh kami tidak pernah bertengkar. Pernah, SATU KALI. Tapi teu rame lah gituh. Perang sms doang.. hihi.
Selebihnya mah saya marah, suami ngalah. Suami cemberut, saya yang ngalah.
Yang namanya bertengkar sama orang serumah... satu menit rasanya seratus tahun! (lebay). Pengen cepet udahan aja gitu lah. Damai. Ngapain nyiksa diri.
Lha denger orang bertengkar di sinetron aja sama saya mah cepet-cepet dimatiin tuh TV.

Waktu berlalu lagi...

Dan dua tahun terakhir, dunia saya berubah dengan adanya facebook dan internetan murah.

Konon kabarnya, banyak rumah tangga retak gara-gara FB. Banyak pula pasangan yang bisa bertaaruf ataupun pacaran via FB. Ada pula kok yang rumah tangga malah semakin harmonis dengan adanya FB.

Ya kehadiran FB barangkali seperti kehadiran TV jaman dulu, atau maraknya HP belasan tahun lalu.
Sama-sama menghadirkan suasana baru di dunia. Ada yang jadi positif, ada pula yang negatif.

Kebetulan saja, FB hadir pada saat rumah tangga saya menginjak usia ke 8.

Dan dengan FB, terbukalah dunia.

Semua masa lalu terkuak kembali.

Samodel bapak saya ada di FB
Samodel Aagym ada di FB.
Samodel si akang mentor, ada di FB.
Samodel yang suka duaan kana motor, ada di FB.
Samodel romantis dan tukang gombal, ada di FB.
Samodel ustadz, ada di FB.
Samodel tukang selingkuh oge, ternyata ada di FB.
Samodel suami saya yang tidak suka FB, ada juga di FB!

Wuiiiihhhh... banyak pisan model gentayangan di FB.

Tambahan lagi... beragam tipe pasutri, tampil di FB.

Kebanyakan... sebagian besar, suami istri sok pacuek-cuek di FB, tapi ada juga yang suka
romantis-romantisan.... misalnya gini... (maaf nih.. kepada ybs, saya copas wallpost anda terhadap pasangan anda).

1.

Wallpost istri (yang mendapat dua 'like')
satu hal yang pasti sangat ku syukuri...aku punya suami yang paling baik sedunia...alhamdulillah...

Komen suami:

kusyukuri punya istri paling pinter sedunia

2.

Status istri yang mengetag nama suaminya:

suamiku, ….. ...besok jumat ya??? yip..yip..v(^_^)v

Komen suami:

iya... Insya Allah sayang... Alhamdulillah...

Komen istri lagi:

@ayang: insyaAllah..semoga menjadi pertemuan yg penuh berkah v(^_^)

… duh.. kenapa saya jadi ngakak ya bacanya....hahaha....enggak sih...maap... saya cuma membayangkan kalo saya “ayang ayangan” gini sama suami di FB... hahahahaha.... bakal tampak bodoooooohhhhh..... :))

Tapi kalian mah engga lah... tampak romantis kooo.... hihihi.

Hanya saja ada sesuatu yang tidak bisa dihindarkan dari FB yaitu beragamnya cara orang menanggapi. Ada yang cuek, ada yang komen, ada yang ngelike, ada yang suit suit, ada juga yang hanya sebagai silent reader tapi sirik, kemudian menyimpulkan sendiri, bahkan membandingkan dengan dirinya sendiri dan pasangannya.

“Ih nyak.. suami batur mah romantis kitu... cik atuh lah suami saya sakali-kali mah”

Jujur, itu pikiran saya... selintas.. sesaat... dan dulu.

Bahkan saya pernah 'minta' sama suami... xixixi.. dan suami bilang itu bukanlah dirinya... xixixi (lagi).

Singkat jawabannya, tapi menyentuh hati dan membuat saya bisa berpikir banyak.
Saya khayalkan suami yang menulis di wall saya....

“I love you, honey...”

Gyaahhhahahhahahaaaaa.... haduuuuuhhhhh.... pasti saya jawab....

“Mas? Kenapa? Sakit?”

Wakakakkakak... =))

Atau Mas Wiska yang dikit-dikit komen dikit-dikit ngelike status sayah... heuheu.... mending nyuruh suamiku bobo aja lah daripada ngomen...

dipikir-pikir .. ya ampuuuuunnnn... saya tidak akan suka Mas Wiska yang seperti itu.
Barangkali kalau suami saya bukan Mas Wiska, bisa jadi saya senang. Tapi kalau suamiku harus berubah jadi makhluk kayak gitu.... asa.... emmmh.. gering kitu suami saya teh? Rasanya bukan seseorang yang saya sayangi selama ini ya? Hahaha...

Ah.. indahlah bila kita bisa mencintai suami kita apa adanya saja. Tidak membanding-bandingkan dengan yang lain. Toh ternyata yang kita suka bukan bagaimana seseorang itu berubah menjelma menjadi orang lain untuk menyenangkan hati kita, tapi bagaimana dengan caranya yang tulus itu dia berusaha.
Ketulusan hati. Itulah yang sampainya ke hati lagi. Bukan ke bibir yang hanya bisa menyunggingkan senyum, tapi kepada cinta yang ada di lubuk terdalam.

Jiah.. gue ngomong apaan.

Suami saya yang tidak ahli komunikasi verbal ini memang jadi masalah saya kadang-kadang. Sempat saya diskusikan dengan heboh dengan sahabat saya, Lita...
(halagh.. hayoh Lita kasebut hayoh)

Dari diskusinya saya ambil kesimpulannya saja bahwa memang saya yang harus memulai, dan tanpa beban. Komunikasi tetap penting.
Lepaskan, bebaskan, jangan sampai ada sekat apapun antara saya dan suami.
Sudah saya lakukan, dan sedikit demi sedikit berhasil.

Bukan... bukan berhasil mengubah suami saya jadi cerewet geje bin lebay sarua jeung sayah, tapi membuat saya bisa menyesuaikan diri dengan karakternya. Saya yang banyak bicara dengan suami yang sedikit bicara, juga saya yang senang mendengar, dan ternyata suami saya pun senang mendengar, jadi padengar-dengar tanpa suara... heheh... ternyata bisa juga.

Dibawa santai, tanpa beban, tanpa banyak berharap, tapi ingin selalu memberi, dan segala maksud tersampaikan, barangkali memang di sanalah bahagianya.

Di FB banyak note dan statusyang menekankan pentingnya komunikasi di antara suami dan istri.
Dulu saya paling stress denger kata komunikasi.
Saya yang menganggap komunikasi itu adalah teteleponan, smsan, duduk berhadapan dan berbicara satu sama lain, kalau perlu ada whiteboard untuk merunut akar masalah... Hahahaha...

Ternyata tidak sepenuhnya harus seperti itu..

Tadi pagi saya bilang sama Lita.... “Ta.. note dan status kamu tentang komunikasi suami istri te h sok bikin saya setress. Jadinya beberapa saya ambil, beberapa saya abaikan. Kumaha aing we kitu lah nyak. Nu penting mah saya hepi....hehehe”

Lita pun mengiyakan sambil ngakak...

Oh... Lita, Litaaa... Lita sahabat saya... Rena, sahabat saya... Noviet, sahabat saya, ….Ipin, sahabat saya...

Bagaimanapun saya butuh kalian untuk menyempurnakan hidup ini.
Setiap orang butuh pasangan hidup, dan setiap orang pula butuh sahabat.
Bila telah menikah, jangan tinggalkan sahabat kalian.
Punya pasangan hidup, tanpa punya sahabat, akan seperti naik sepeda beroda satu. Cuma badut sirkus yang bisa mengayuhnya sambil tertawa.
Eh.. Mungkin tentang sahabat kita kupas saja di note yang lain yaa?

Yuupppp....

Setiap suami istri punya caranya masing-masing untuk berkomunikasi.
Ada yang via FB, ada yang sms atau telpon, ada yang hanya saling pandang juga bisa ngerti. Apapun.....
Apapun sama baiknya asal tulus...
Bukan untuk dipuji orang lain, bukan untuk dengar komentar orang lain, dan bukan pula untuk dibandingkan dengan orang lain.

Ah bagaimanapun rumah tangga adalah bahtera, dan dalam bahtera ada liku-likunya sendiri. Bahtera hanyalah sebuah alat untuk mencapai tujuan.
Tujuan itulah yang mestinya sama.

Iya engga Mas?... Mas Wiska? Bade ka mana Mas? Ka Cibiru ka cibeureum?
(Pasti suamiku cuma senyum daaaa.... hahaha....)

Saya ngetag suami saya di note ini tidak berharap komentar ataupun jempolnya....
Hanya berharap senyumnya saja... (anggerrr ngareppp)

weeekkkekekekekekk.....

Duh.. kayaknya hanya suamiku yang bisa bersabar melihat saya kayak gini inih... geje sureje....

weeekkekekekekkkk.....

nulis sambil ketawa sekaligus cirambay
dengan soundtrack -merepih alam- lagunya kami saat jelang pernikahan kami, seratus dua puluh lima bulan yang lalu...


…...bawa aku serta... berlayar menuju pantai harapan.... bersamamu ….. :)

****

3 komentar:

Akhsayanty mengatakan...

pas dibaca di sini kok terasa lebih dalem daripada di fesbuk ya teh? he h ehe...

semoga langgeng bahagia selamanya teh :D

rena puspa mengatakan...

eh bener kta mitha...baca disini nuansanya lbh dalem uy.....heu..teu karasa macana jd cirambay lbh byk tibatan pasa baca pertama di FB....hohoho...ah lebay...ini mgkn krn efek saya yg sedang jablay di tinggal suamiku ke tengah samudra....halagh...hahah

Arjumand mengatakan...

bener ier...ternyata keindahan pasangan kita itu tergantung kitanya sendiri, apakah kita bisa menerima dia apa adanya? & saya rupanya masih perlu belajar lebih keras