Rabu, 02 Februari 2011

Hah? Udah jam 12 lagi???

***

Saya sering berteriak seperti itu. Tentu saja dalam hati, demi melihat jarum panjang dan jarum pendek berebut berdekatan dengan angka 12. Dan tentu saja siang. Kalau jam 12 malam mah saya tak pernah begitu, berhubung tidak ada perubahan pada diri saya saat jam 12 malam. Entah bila di antara kalian yang cantik dan ganteng ada yang berubah jadi kodok. Mungkin berteriak juga “Hah? udah jam 12 lagi???”.

Saya mau cerita apa tadi ya? Jadi lupa...

Oh iya... ya gitu deh.. setiap kali saya lihat jam... saya panik dodol piknik, karena merasa belum melakukan apa-apa padahal udah jam segitu.
Dari tadi gue ngapain aja ya?... euuuh.. taunya abis waktu cuma buat komen-komenan, buka wall orang, atau chatting gak penting gitulah sama temen. Huks...

Emmmm...salah? Ya enggak juga kan.... apa salahnya saya komen? Apa salahnya saya chatting? Yang bikin saya merasa bersalah seringkali karena hal-hal tersebut ternyata mengalahkan semua pekerjaan saya yang lebih penting untuk segera dikerjakan. Misalnya.. misalnya.. apa ya? Ada yang penting gitu? Hehe..
Dan lebih seringnya sih karena niatnya gak jelas saat kita kuman komen dan chatting begitu. Nyari ilmu engga, dapet manfaat juga engga, silaturahmi juga...emmm.. dia lagi dia lagi yang disilaturahmii...hihi... Cuma asik aja gitu.

Saya cuma mau berbagi di note ini. Ada tips yang saya lakukan agar setiap detik saya berjalan efektif dan always back on the track, yaitu dengan membuat joblist... jobdesc.. ya sabangsaning gitulah.
Maklum saya sejak SMA terdidik jadi seorang yang mesti hitam di atas putih. Kerjaannya menggodok AD/ART yang dibikin sama senior, target jangka panjang, menengah, pendek, dan berbagai perjanjian di atas materai. Bahkan sholat malam apa tidak pun dulu pake checklist biar dilihat sama teteh mentor.
Bukan kepaksa, bukan juga kepengen. Tapi saya suka aja dikerjain kayak gitu.
Halah.. baru kerasa ya gue dikerjain? =P

Jadi... jadi... yang saya lakukan adalah membuat joblist tadi.. bener-bener hitam di atas putih. Pake pulpen di atas kertas. Ditulis di atas kertas maksudnya. Duh ribet amat ngomongnya.

Tujuan tak perlu lah kita tulis lagi. Itu akan membuat kita stress 24 jam.
Tujuannya membuat rumah saya rapi dan bersih (oh sungguh mulia, bukan?)
Tapi terbayang tidak bagaimana caranya saya membuat rumah rapi dan bersih itu? Bila ternyata saya kalahka pusing, maka susunlah langkah-langkahnya.
Maksimal 10 langkah saja yang saya tulis, untuk dikerjakan selama anak dan suami tak ada di rumah.

Kenapa 10? Biar malaikat gampang ngasih nilainya.

Contoh nih ya:

1. Nyapu
2. Ngepel
3. Nyuci piring
4. Nyeuseuh
5. Masak
6. Nyapu teras depan
7. Nyapu teras belakang
8. Ngepel teras depan
9. Ngepel teras belakang
10. Nyetrika

Nah.. model seperti di atas setelah saya coba ternyata paling gede nilainya cuman 5 (lima). Tentu saja saya tidak puas.
Eh, tau kan caranya menilainya? Kalo udah dikerjain, checklist, gitu aja. Satu nomor nilainya satu. Kalo dikerjain cuma 4 nomor, berarti nilainya empat. Ah masa gak ngerti gitu aja.

Hari selanjutnya saat saya di rumah, biar nilai saya gede, saya turunkan lagi jobdescnya jadi begini:

1. Nyapu
2. Ngepel
3. Rendam baju
4. Putar mesin cuci
5. bilas
6. keringkan
7. jemur
8. Nyapu halaman depan
9. Nyapu halaman belakang
10. Nyetrika

Nah, kalau lebih detil seperti ini, nilai saya bisa sampe 7 lah. Jadi gak masak, dan juga gak sampe nyetrika.. hahaha...

Tapi taukah kalian, jika dengan seperti ini, maka saya punya kesenangan tersendiri saat saya lihat jam … dan lihat list.... owh.. ternyata ada juga ya yang saya kerjakan... hihi.
Dapet nilai juga! Hore!
Dan tiap kali saya diganggu, terganggu, atau mengganggu orang lain dengan berbagai cara, maka kertas tadi jadi saksi, bahwa saya harus kembali pada pekerjaan yang tertulis di atasnya.

Terusss... online gak?... ah.. bagian ini saya tulis kapan-kapan lagi aja ya. Kan kalo note kepanjangan suka jadi pada males bacanya.

Catatan: hari ini kerjaan saya cuma nulis note, nyuci piring, sama nyuci baju. Dan nilainya SERATUS DUA PULUH !! (terserah saya dong mau apa kerjaannya, berapa biji, dan gimana ngasih nilainya)

* * *

1 komentar:

Akhsayanty mengatakan...

wakakakakakkak
layak diterapkan!