Minggu, 30 Agustus 2009

Ramadhan 9 -- beli baju lebaran

***
11.30, ahad siang....
Baru pulang dari Rabbani Muslimah.. hehe.. ketauan dah baru belanja

Betul... betul.. saya udah belanja baju lebaran lhoooo... hehe.
Dulu saya sempat merasa kalau beli baju lebaran itu gak perlu, walau akhirnya beli juga. Tapi sekarang-sekarang ini saya baru ngeh aja kalau memang lebaran lah kesempatan saya untuk beli baju baru. Ada THR itu yang jadi alasan utamanya. Di bulan lain saya gak punya uang lebih untuk beli yang macem-macem seperti baju baru.

Haa.. kenapa belinya sekarang hayoh ?! Baru juga hari ke-9 puasa....

Suka-suka gue lah. Alasan utamanya karena saat ini toko dan jalanan masih lengang. Saya sampai Rabbani masih jam 9 pagi. So.. nyantei lah. Semakin siang ternyata semakin padat pengunjung. Fuih... apalagi ntar menjelang lebaran, biasanya penuh banget outlet ini.

Terkenang dulu waktu Rabbani masih di Haur Pancuh ya.. ada yang masih ingat? Di sebuah gang kecil daerah Dipati Ukur dan menempati ruangan sekitar 3x6 meter. Saya mengenalnya dari seorang teteh guru ngaji di komplek. Waktu itu kelas 3 SMP, berarti tahun 1992, saat saya mulai mengenakan jilbab untuk pertama kali. Namanya dulu masih Pustaka Rabbani dan dikenal dengan singkatan PR.
Ke sana saya berburu kerudung segiempat polos ukuran lebar dengan bahan santung, dalam berbagai warna. Di sana sedia juga ciput, manset, dan kaos kaki. Perlengkapan standar bagi muslimah yang ingin menutup aurat dengan sebaik-baiknya, yang di Bandung entah di mana lagi bisa saya temukan. Lha saat itu akhwat berjilbab masih jadi makhluk langka..

Sekarang PR sudah ganti nama jadi Rabbani Muslimah, walau saya masih sering latah menyebutnya Pustaka Rabbani. Pilihan pakaian dan kerudungnya masih sesuai dengan selera saya, walaupun saya pernah kecewa karena kerudung yang biasa dengan nyaman sekali saya pakai sudah tidak ada... Itu lho kerudung instan yang ciput sama kerudungnya terpisah..
Udah gak ngetren kali ya, tapi itu model kerudung, irma bangeeettt...
Kini ukuran kerudungnya pun tidak selebar dulu. Gak ada yang mau make lagi mungkin... kalaupun ada barangkali saya mesti pilih XL.
Tapi ya sudah lah.. L pun cukup koq.

Pasar Baru tidak jadi pilihan saya. Ke sana saya mesti dianter deh, gak berani sendirian. Saya ini orangnya gak tegaan jadi gak bisa nawar kenceng. Tadi itu saya belanja sendirian, bawa anak-anak pula. Suamiku mesti hadir di acara lain, dan dia pun gak bisa nawar. Boro-boro.
Kalo ke Pasar Baru, saya mesti bareng sama mamah, ibu, atau teteh gitu yang bisa rada galak kalo nawar, plus tidak bawa anak-anak.
Kapaaaan coba....

Bagaimana dengan toko online? Heu.. kabita sih kabita.. Di facebook aja udah berapa foto yang mampir di wall saya. Tapi ya maap aja, kalo urusan pakaian jarang ada yang cocok buat saya. Di layar komputer memang model-model baju tampak menarik, lha yang pakenya aja cantik-cantik dengan berat badan ideal.
Saya? Saya mesti dicobain langsung di kamar pas, setelah bersusah payah mencari ukuran S atau kalo perlu yang lebih kecil lagi.

Cocok model, gak cocok ukuran. Cocok ukuran, gak cocok model. Itulah saya.
Banyak sekali mode pakaian yang tampak bagus saat dipajang di patung peraga, ehh.. nyampe di badan saya kok judulnya jadi “Irma pake karung”... haha.. maklumlah yang pakenya ini yang bermasalah, bukan bajunya....

Membeli baju baru bagi saya selalu dinomor-sekiankan. Sampai akhirnya dalam satu tahun saya sengaja membeli baju hanya pas lebaran aja. Selebihnya biasanya bila dirasa sangat perlu, udah rombeng gak punya ganti, atau pas ada obralan pakaian yang pas dengan selera juga ukuran, atau ada temen/ saudara/ tetangga yang ngasong ke rumah.
Yang bikin saya sulit beli baju ya biasanya duitnya sih... rasanya prioritas uang lebih ke yang lain daripada ngurusin baju. Mending beli makanan, biar saya bisa gemukan dikit...

Sering mamah geleng-geleng kepala lihat saya masih pake baju jaman kuliah. Jaman saya masih single. Dipikir-pikir ya usia pernikahan saya aja udah memasuki tahun ke 10.. berarti baju itu udah jadul binti jebot pisan yah...
Barulah kemarin kemarin saya coba dengan teganya menghibahkan dua keresek besar pakaian saya. Yang jadi sasaran hibah biasanya keluarga besar mamah di Pangalengan. Di sana tinggal sepupu-sepupu mamah, kapi adi kapi lanceuk dst dst yang memang tergolong keluarga kurang mampu.

Setelah proses hibah selesai, ternyata cukup lega ya.
Berpengaruh di ukuran lemari baju yang jadi ’besar’ dan jadi gak bingung lagi waktu milih baju karena beberapa pilihan telah didelete. Sebetulnya... ujung-ujungnya memang yang dipake teh... itu lageee itu lage ya?... pake, cuci, setrika, pake lagi, cuci lagi, setrika lagi.... kadang gak sempat mampir di lemari.

Dan suamiku tentunya jauh lebih parah dalam urusan pakaian. Baju sobek, kalo gak saya yang nyembunyiin, ehh.. masih juga dia pake. Baju baru, kalo bukan saya yang beliin, entah kapan dia kepikiran buat beli. Akhirnya memang yang dipake itu lageeee itu lage...
Haha... kami memang kompak dalam urusan pakaian. Modenya mode terkini, yaitu mode ’paduli teuing’... hihi...

Ramadhan ini tampaknya mesti sekali lagi saya sortir pakaian di lemari. Geus puguh ari baju anak mah emang gak dipake lagi karena sempit ataupun noda-noda yang sulit hilang sehingga jadi kuleuheu.

Pokonya teman, mesti tega-tegaan lah urusan pakaian mah, mending segera dihibahkan. Kalo perlu beli satu keluar satu, biar gak bikin berat di akhirat....

Dan yang jelas saya udah punya satu setel baju baru niiiiih... alhamduliLlah... semoga jadi barokah bagi pemakainya, dan semoga jadi rezeki saya pada saat lebaran nanti. Amiin.
Buat anak dan suami? Tadi belum ada pilihan yang bagus.. Insyaa Allah minggu depan deh ya...

Sekarang mah, keluarin dulu aja baju lama yang numpuk di lemari !! Ayo cepaaat!! Banyak yang butuuuuuh!!

Tidak ada komentar: