Kamis, 27 Agustus 2009

Ramadhan 6 -- satu lagi yang gugur dari medan perfesbukan

***
Facebook haram sih isunya udah lama lewat. Alasan pertama versi saya, karena facebook tergolong zat adiktif. Kalo facebook dikasih nomor registrasi, pasti termasuk DPL.
Alasan kedua, karena ternyata fb bisa juga memutuskan tali silaturahmi.

Untuk alasan kedua ini saya banyak tidak setujunya sih (eta alasan kan elu buat sendiri Ier? Kumaha sih..)
Pokonya manfaat silaturahmi dari fb buat saya, jauuuh... jauh lebih besar.

Thanks to facebook yang telah mengumpulkan saya dan para sepupu yang awalnya bercerai berai entah pada kemana.
Tidak kurang dari 37 orang yang kini tercatat sebagai keluarga saya dan suami saya di facebook.

Sampai pernah saya lebih tau duluan dibanding ibu mertua, tentang kabar penting dari salah seorang keluarga suamiku.
"Irma kok tau?", kata Ibu.
"Kan fesbukan sama Mas Bob,.. hehe...," jawab saya.

Pernah juga ibu mertua gak kabar-kabari saya tentang tante yang sakit di jakarta.
"Ibu.. siapa yang sakit?", tanya saya sewaktu Ibu memutuskan ke Jakarta hendak menengok seseorang.
"Tante Titiek. Kirain Irma tau? biasanya kan Irma tau duluan?", kata Ibu.
Hihi.. gak segitunya kalleee.. -saya cuma nyengir- :D

***

Tapi ternyata ya banyak juga orang bermasalah gara-gara facebook.
Ada yang bilang.. begitu banyak rumah tangga yang dirusak oleh fb.

Wah? masa iya sih?

Coba ya, katanya nih.. ka-ta-nya:
1. CLBK, ketemu mantan
2. komen-komenan sama suami/istri orang, terus..kok kerasa nyambung ya..
3. ibu-ibu yang melalaikan tugas di rumah gara-gara ngelirik terus notifikasi
4. pasangan yang jadi tau kejelekan masing-masing dari fb, dan.. jadi masalah deh.

Banyak juga yang salah interpretasi dari sebuah note, status, ataupun komentar. Menyebabkan adanya prasangka dan image buruk terhadap seseorang.

Hm?
FB jadi masalah?
Please deh..
Saya terkadang pengen 'ngadegungkeun' kepala orang kalo sampe FB bikin masalah bagi dirinya.
Masalahnya bukan facebooknya gitu lho.. Tapi kedewasaan penggunanya.

Apalagi kalau masalahnya gara-gara komentar si B terhadap status si A nyakitin, si A jadi musuhan sama si B. Idih.. anak kecil kali pun !!

Pasang status ya resikonya memang dapet komentar dong! Nyakitin ya tinggal didelete. Beres. Lupakan.
Kecuali ada yang suka neror, itu memang layak diremove dari friendlist kita. Tapi kan jarang orang dapet teror dari temannya sendiri. Kasus itu.

Ahhh.. gitu aja koq repot ya.

Jangan salah.. saya pun sempat bermasalah dengan orang gara-gara fb ini.
Gak suka saya.
Sama sekali gak suka.

Ho ho ho.. saya harus menahan diri agar tidak memaparkan pembelaan diri saya di blog ini mengenai kasus fb saya -saya jadinya sampai berulang-ulang mendelete kalimat-kalimat yang saya buat sendiri nih, rada napsu soalna-
Sudahlah.. sudahlah.. sudahlah...Ier... ambil saja hikmahnya.
-dan saya kembali mendelete satu paragraf panjang tulisan saya.. grrrh.. tahannn-

Mempublishnya tidak akan menyelesaikan masalah. Dewasalah Ier!!

Ffh.. tarik nafas panjang.. fyuuuh....
Terimakasih.


Tiga orang teman saya sudah gugur dari fb. Akunnya dinonaktifkan.
Bermasalah dengan orang, mereka bilang. Hik..hik...

Come on, segala sesuatu juga memang harus ada kendalinya, apalagi di dunia maya yang sarat dengan interpretasi orang yang berbeda-beda.
Jangan cari gara-gara dengan mempublish sesuatu yang kira-kiranya akan jadi masalah.
Ibu Prita Mulyasari dan RS OMNI sih, itu kasus.
Saya dukung sepenuhnya apa yang telah dilakukan oleh Ibu Prita ini based on fakta-fakta yang saya dengar di media. Wallahu a'lam kejadian sebenarnya apa.
Yeah, kalo Allah sudah menghendaki kita ketiban 'sial' sih memang gak ada yang bisa menghalangi.
Hanya saja kita memang mesti hati-hati, agar efek 'sial'nya bisa dieliminir.

Kendalikan diri! itulah kuncinya. Apa-apa jangan lebay gitu lho...
Kalo bisa begitu mah, facebook, milis, YM, blog. atau media sosial apa pun di dunia maya, bisa mendatangkan manfaat yang besar buat kita.
Insyaa Allah.

Mohon maaf bila ada kata-kata saya yang menyinggung perasaan anda entah di blog ini ataupun di lain tempat. Yang perlu diingat, saya ini orang baik.. hehe.. gak pernah ada sebersit pun niat mau nyakitin. Biasanya cuma karena si Irma SOTOYYYY... :))

Yu ah.. saatnya nyiapin sahur buat suami dan anak-anakku..
Saooooooor...saooooooor !!!

***

1 komentar:

rena puspa mengatakan...

ini ga lagi ngomongin gw kan???....hihihi...geer....aku juga setuju uy klo fb itu salah ngga nya tergantung kita pemakainya.....n aku juga selalu ngomong bgitu ama org....tp kemaren2 ngerasa dah ga bijak ama fb....berasa kebablasan...jadi pengen balik lagi deh ke tujuan awal...anyway....berkat fb aku bisa kenal byk org baru n sahabat yg luar biasa....contohnya kamu...ehm...ehm....duh nyeseeelll mujiiii.....kaburrrr