Kamis, 21 Maret 2013

Posting ke-6 - dua belas minggu - campur sari

***
Macam-macam yang terjadi di pekan ke dua belas ini. Tapi yang jelas saya pertama kali harus bersyukur dulu, alhamduliLlah, trimester pertama terlalui walau dengan jatuh bangun.
Mualnya memang banyak berkurang, tepat pada saat janin ini berusia 12 minggu menurut itungan kalender. Entah sugesti atau apa, tapi memang terasa berbeda.
Bisa jadi karena sabtu malam saya parah sekali mual muntahnya, kayak ngabisin penderitaan gitu lah.
Berawal dari makan pisang jam 9 malam sambil facebookan. Ehhh tiba-tiba ulu hati saya nyeri luar biasa, dan rasanya ada angin topan berputar putar di area usus. Saya tau ini bukan nyeri rahim, ini saya seperti kena maag mendadak plus masuk angin.
Suami juga bingung karena saya gak mau diapa-apain. Jam 11 baru bisa tidur, dan terbangun lagi 1 jam kemudian karena nyeri makin terasa.
Tengah malam itu saya minta suami cariin tolak angin. Kali aja bisa membablas angine. AlhamduliLlah ada warung buka tengah malam begitu.
Tapi saya keburu mual dan muntah abis. Tertidur lagi, tapi gak berapa lama kemudian bangun dan muntah lagi.
Apapun yang masuk mulut, ujung-ujungnya pasti keluar lagi.
Nyeriiii .. sampai mencengkeram suami kuat-kuat...

Enggak, saya gak nangis. Saya gak sedih kok, cuma sakit luar biasa.
Pagi-pagi saya putuskan untuk ke rumah sakit aja, UGD.
Sudah bersiap-siap, dan saya muntahkan lagi apa yang masih mengganjal di perut.
Namun ajaib, setelah muntah semua terasa lega.

Akhirnya ke mamah aja... Kalau lagi gini saya butuh pertolongan mamah. Plus kasian juga anak dan suami, gak ada yang ngurus makannya.
Sama mamah saya dikasi bubur. Eh, muntah lagi.
Konsul ke beberapa teman apoteker, akhirnya diputuskan untuk makan sebutir domperidon. Katanya aman buat bumil.
AlhamduliLlah, setelah itu saya oke, bisa makan, dan yang jelas saya minum banyakkkkkk banget. Dehidrasi kali yak.

Minggu pagi itulah kali terakhir saya muntah. Mual sih masih, tapi masih bisa ditahan.

AlhamduliLlah,
karena Selasa pagi saya mesti stay tune di apotek dalam kondisi prima.
Petugas dinkes kabupaten datang ke apotek untuk pemeriksaan kelayakan. Dalam rangka pengukuhan SIPA (Surat Izin Praktek Apoteker) dan penerbitan SIA (Surat Izin Apotek) baru. Menjadi Apotek Komunitas Sehat Permata.
Semua berjalan lancar.

Jadi ingat tahun 2004, di apotek yang saya pegang pertama kali. Pemeriksaan kelayakan kayak gini dilakukan 26 jam setelah saya melahirkan Sofi. Huahhh.. perjuangan berat itu ke apotek diantar suami :))

Ya sekarang mual sih engga, cuma kadang agak pusing dan lemessss. Ujungnya jadi malas ngapa-ngapain. Plus perasaan yang campur aduk silih berganti datang. Senang sampai sedih, bahkan minder. Minder yang sangat.
Karena saya merasa bodoh sekali dibanding dengan teman-teman yang twitnya aja udah ngebahas ilmu pengetahuan, politik dan ekonomi global terkini... Sementara saya cuma berpikir satu. Gimana caranya biar saya mau makan. Gimana caranya biar janin saya sehat.

Peduli amat Jupe dipenjara, tentang istri keduanya Djoko Susilo, menguatnya nilai rupiah, ataupun Tangkuban Perahu yang statusnya awas meletus. Apalagi persoalan Ibas, Anas, dan partai Demokrat. Peduli amaaaaaaattt... :((

Cuma ya itu, jadi minder aja. Yang lain kok pada cerdas gitu yak mikirin banyak hal, kemudian melempar statement-statement ilmiah dalam twitnya?

Ah dan ketahuilah.... orang yang minder itu sama nyebelinnya dengan orang sombong.

***






Tidak ada komentar: