Rabu, 16 Januari 2013

"Mi, mandi wajib itu apa?"

***
Ba'da shubuh tadi saat saya menyetrika baju seragam sekolah Arif dan Sofi, Arif cerita kalau dia baru beli SKU di sekolahnya. Ingat SKU pan ya? Syarat Kecakapan Umum... Yang dia beli adalah SKU untuk Pramuka Penggalang.

Dan seperti baru teringat sesuatu,
" O iya Mi... kalaaauuuu....inii apa yaaa... "
katanya sambil membolak balik SKUnya dan mencari-cari sebuah kata di dalamnya.

Pasti kosa kata baru deh... kata saya dalam hati.
Biasa itu tiap dia buka buku apa gitu pasti ada kosa kata baru yang dia temukan, kemudian dia tanyakan kepada siapapun orang dewasa di dekatnya yang dia kenal.

"Nah.. ini niiih.. M A N D I W A J I B ... Mandi wajib itu apa?"

"Ooooh, mana?", .. kata saya sambil rada deg degan... gimana jawabnya ya...

Penggalang Ramu, Poin 4. Islam - Dapat melakukan mandi wajib dan mengerti penyebabnya ----


Jawaban saya tadi geje pisan karena bingung tea.

Jawaban pertama adalah: "Nanti kalau Arif udah besar itu mah..."

Arif tercenung. Barangkali dia bertanya-tanya, lantas kenapa kalau itu masalah nanti kalo sudah besar, kok ya ada di SKU ini?

Jawaban kedua dari saya: "Nanti kakak pembinanya paassti ngajarin"

Giliran saya tercenung. Masa iya yak diajarin mandi wajib sama kakak pembina Pramuka?

Dan akhirnya jawaban ketiga: "Tanya Papah yaaa..."
--->> *KABOOOORRRR....!!! -si umi tunggang langgang.

Arif langsung mencari bapaknya.

"Mandi wajib itu apa Paah?" teriaknya .. dan saya nguping.

Papanya kayak bingung juga. Tidak seperti menjawab ilmu sains yang dia suka yakin betul dengan jawabannya.

"Nanti itu untuk laki-laki dewasa yang sudah keluar mani", kata Papanya.

Arif bingung, tapi malah saya yang tanya: "Mani itu apa Pah? Uang? Hehe.."
-Money eta mah dul...

"Mani itu sperma", jawab bapaknya singkat.

Arif jadi (kayak) rada rada ngerti. Sepertinya dia pernah dengar kata "sperma".
Di pelajaran IPA kelas 4 kan ada.

"Nanti kerasa sama Arif kok Rif, gimana itu keluarnya sperma dari t**** ", celetuk saya dengan sotoy.

Arif pun menutup SKU nya. Pertanda dia sudah merasa cukup dengan jawaban kami.
Merasa cukup mungkin iya. Tapi merasa mengertikah? Entah...

*

Sewaktu TK Arif bertanya haid itu apa, lebih mudah saya jawab.
Tapi saat ditanya mandi wajib itu apa.. ternyata bingung juga ya.

Kalau kalian jadi saya atau bapaknya Arif, apa jawaban kalian?

***

Tidak ada komentar: