Senin, 18 Oktober 2010

konsisten inkonsistensi

***
"Mi, besok gak akan bawa bola lagi ke sekolah ah", kata Arif sambil menenteng bola plastiknya sepulang dari sekolah.
"Kenapa?", tanya saya
"Gak boleh sama Bu Guru, bisi kena ke orang katanya. Tadi bolanya kena ke orang di pinggir lapangan"
"Oh..", tanggap saya sambil agak heran, alasan Bu Guru kok begitu
"Bola Arif yang kena ke orang itu?", pertanyaan saya jadi berlanjut.
"Bukan.. bola temen Arif"
"Hmm..."

"Eh tapi Mi... nanti juga pasti boleh lagi da...", kata Arif setelah diam beberapa saat.
"Kok bisa?", saya heran.
"Ya misalnya aja HP. Pas pertamaaa kali Arif bawa HP ke sekolah, eh... langsung gak boleh. Tapi sekarang udah banyak lagi temen Arif bawa HP, sama Bu Guru gak dilarang... Sekarang juga pas pertamaaaa Arif bawa bola ke sekolah jadi gak boleh. Pasti nanti jadi boleh lagi..hehehe", ujar Arif nyengir.

Saya ingat, dulu alasan Bu Guru gak boleh bawa HP ke sekolah karena beberapa hari sebelumnya ada anak yang kehilangan HP.

Aduuuh.. Bu Guru.. kalo ndak boleh ya ndak boleh aja terus... plus carilah alasan yang benar. Kalo urusan HP hilang dan bola kena orang, toh anak-anak juga bisa diajari untuk berhati-hati.

Alasan yang benar itu penting bagi seorang anak, biar mereka menghargai peraturan apa pun yang kita tetapkan baginya.

Seorang Arif akan sangat mudah menurut dan taat aturan bila dia yakini kebenaran alasannya.

I know that exactly.

***

1 komentar:

lita mengatakan...

itulah dunia nyata...:)) salah satu kegunaan sekolah menurutku adalah mengenal karakter orang/ pihak yang tidak seideal orangtuanya...
(jiga nu bijak padahal mah ini ungkapan pasrah...setelah susah berharap pada sekolah)