Minggu, 02 Mei 2010

keguguran jilid-2

***
Diawali sakit di perut kiri bagian bawah sepanjang hari Jum'at kemarin
Flek sesaat sebelum masuk ruang periksa dokter
Syukurlah darah itu keluar justru saat saya hendak periksa
Hingga saya gak perlu ketakutan berlama-lama

***
Di ruang periksa:

Kantung kehamilannya ada tiga...
Kalau jadi semua, sebenernya bakal kembar tiga!!
Tapi kantung itu kecil-kecil, dan satu diantaranya terlihat ada janin tak berdenyut.
Mati.

Ini missed abortion, dokter bilang.
Bukan hamil anggur Dok?
Bukan..
Bukan juga blighted ovum, lanjutnya.

Hmm.. blighted ovum pernah saya googling
Tapi missed abortion.. apa pula itu???

Sperma dan ovum yang ketemu sedang gak bagus, papar dokter.
Spermanya hampir mati, tapi keburu ketemu ovum.
Atau sebaliknya.

Ho..bukankah itu termasuk blighted ovum?
Entahlah.. terlalu awam bagi saya untuk berpikir jauh.

Dikeluarkan saja.
Besok bisa kuret jam 7 pagi, dan tiga jam sebelumnya puasa dulu.
Atau saya kasih tablet, resikonya sakit luar biasa.
Terserah ibu kuat apa tidak.

Bagusnya apa ya dok?

Yaaa.. itu cuma beda prosedur saja. Kalo kuret kan semacam dikerok.. kalo pake tablet ya alami...tapi ya sakitnya itu...

Biaya?

Itu tanya saja ke suster di luar.

Hmmm....

Ini pengantar untuk operasi besok, atau ini saya beri juga resep tabletnya.
Silahkan dipertimbangkan.

Gimana ya?
Terserah aja.. jawab suamiku.

****

Biayanya?

Anestesi atau enggak Bu?

Duhhh... tanpa anestesi apa rasanya? Mungkin anestesi lokal atau total gitu kali ya.

Dua-duanya deh.. berapa?
Dengan anestesi 3,1 jutaan
Tanpa anestesi 2,2 jutaan

Gak masalah.

Tapi kok ya pengennya yang spontan dan alami alami saja...
Secara belum ada dalam sejarah kehamilan saya pake acara operasi.
Keguguran pertama spontan.
Arif Sofi lahir spontan pula.

Sudahlah tebus resep saja.
Harga obat Rp.30 ribu per tablet.
Semuanya 6 tablet, diminum 2 kali sehari.

Beres-beres rumah dulu .. ngungsi ke rumah mamah aja deh.
Biar berdarah-darah di sana.
Bakal sakit banget tea pan ya... heuheu... ngerjain mamah lagi.
Biar anak dan suamiku keurus gitu...

Jam tujuh malam obat diminum.
Reaksinya luar biasa.
Satu jam kemudian terasa ada kontraksi hebat.
Seperti biasanya saya sakit haid dan melahirkan,
pasti diiringi muntah-muntah.

Setelah muntah, lumayan lega.
Bisa tidur.

Bangun jam 3, masih agak sakit.
Jam 6 rasanya ada kontraksi lagi.
Jam 7 pagi.. terasa ada sesuatu yang keluar dari jalan lahir...
saya ke kamar mandi, dan sesuatu itu jatuh ke lantai.
berupa jaringan tak berbentuk sebesar tiga jari tangan dirapatkan.

InnaliLlahii wa inna ilaihi raaji'uun...

Rupanya ini calon buah hatiku...
Tak apalah nak..
Ini sekedar episode hidup yang harus saya jalani.

Darinya saya sudah ambil banyak ilmu dan hikmahnya.
Gak apa-apa.
Memang apapun yang saya dapat tak pernah jadi milik saya selamanya.
Kecuali hanya ilmu, hikmah, pahala, dan dosanya saja yang bisa saya miliki.

Semoga dirimu jadi penggugur dosaku Nak..
Dua malaikat kecil yang entah seperti apa rupanya akan menyambut saya di syurgaNya.
Anakku yang pertama, dan anakku yang keempat ini.

Dan semoga Arif Sofi pun mengantar barokah Nya untuk saya.

Tabungan akhirat yang tak terhingga nilainya.

Asal saya ikhlas.

Insyaa Allah.

***

Janin itu sekarang sedang dikuburkan oleh suamiku di halaman belakang rumah.
Menyusul janin pertama saya yang bernasib serupa sembilan tahun lalu

Satu episode lagi sudah saya lalui.

Kita tunggu saja episode hidup selanjutnya ya?
BismiLlah.. hidup kan memang gini-gini aja. Kalo gak susah ya senang.
Tinggal gimana kita menyikapinya.

Caiyooooooooooooo.... !!!

3 komentar:

Arab Cendekia mengatakan...

wah bener2 ya perjuangan seorang ibu itu ... tidak mudah utk melahirkan ... tidak mudah juga bagi yg keguguran ... apalagi bagi yg mengharapkan seorang anak bagi yg menantinya bertaun ... semuanya adalah ujian ... semoga lulus ...

arifin mengatakan...

*wah teu jadi boga alo Trio Macan..

swestika mengatakan...

Hiks..hiks.. Terharu bacanya.
Semoga semua doa2 teteh terkabul..
mksh berbagi..