Senin, 31 Mei 2010

sarang tawon pembawa cinta

***
Akhirnya sarang tawon yang menggantung di belakang rumahku pun dibawa pergi oleh suamiku... mau dibuang katanya, gak tau di mana...

Bagi Allah memang tidak ada satu pun kejadian di muka bumi ini yang terjadi secara kebetulan. Semua telah digariskan, tercatat, dan jelas maksudnya.
Apalah artinya sarang tawon. Mengganggu, meresahkan, membawa masalah.
Tapi ternyata saya bisa melepas si tawon dengan senyum geli... gara-gara tawon itulah saya disuguhi banyak hal yang patut disyukuri.

***

Mang Ajang, tukang kebun langganan saya benjol-benjol segede seperempat bola tenis di sekujur tubuhnya. Dooooh... kasian bangetttt....
Dari sejak itulah saya jadi tau kalau di pohon bougenville belakang itu, yang tadinya mau ditebang itu, ada sarang tawon sebesar bola voli.

Besoknya Mang Ajang gak bisa kerja ngangkutin sampah seperti biasanya. Panas dingin katanya... Yahhh.. gimana lagi dong... saya cuma bisa kasih obat, dengan diiringi do'a klasik -yang penting tulus- “semoga lekas sembuh”.
Syukurlah panas dinginnya cuma sehari.

Selanjutnya bapakku usul agar sarang itu dibakar aja.. atau kalo enggak nyuruh orang dari kampung sebelah, kali ada yang berani ambil tu sarang.
Kalo untuk ngebakar, ya tinggal cari galah buat jadi obor panjang yang memanggang si sarang.

Komentar suamiku cuma satu "Kalo gak salah.. gak boleh itu bakar sarang binatang. Haditsnya shahih"

Aaaah... saya gak komen balik. Salah kali lah.. atau barangkali bisa ambil kondisi darurat.. di mana serangga itu galak dan mengganggu, maka bolehlah kita musnahkan sarangnya dengan cara apapun. Apalagi kalo gak ada orang yang bisa disuruh ambil sarang itu.
Sedikit berharap suamiku mau cariin orang dari kampung sebelah. Tapi sedikit saja harapannya, mengingat suamiku sibuk, dan saya paling gak suka ganggu waktu istirahatnya di hari sabtu minggu.

Walhasil pada hari hari berikutnya saya, suami, dan anak-anak terbiasa dengan dengungan tawon di dalam rumah pagi hari. Terutama di kamar mandi yang paling dekat dengan halaman belakang.
Arif yang anaknya lebih hati-hati ketimbang Sofi (atau lebih penakut?), lumayan uji nyali saat dia mandi pagi. Matanya sesekali melihat ke atas, ngelihat tawon yang berputar-putar dekat lampu. Kalau lampunya dimatikan, si tawon malah turun dan mendekati yang sedang mandi cibang cibung... bahhhh.... bakal lari telanjang tuh si Mas Arif.

Tawonnya gak galak kalo gak diganggu. Tapi mereka mengganggu kami dengan tarian keliling lampunya dan dengung semangatnya setiap pagi.. Nguuuuuuuung...nguuuuung...

Si tukang galah pun tak pernah lewat, sehingga saya juga bingung, mau membakar si sarang dengan cara apa.

Hari demi hari terlalui dan begitu banyak hal yang lebih penting kami pikirkan daripada si sarang tawon.Arif Sofi pun sudah menganggap si tawon itu rutinitas harian saja..

Sampai pada suatu hari tetangga sebelah minta izin pada saya untuk memotong dahan yang menjuntai ke halaman belakang rumahnya. Dahan bougenville, sirih, dan sebatang dahan dari pohon yang saya lupa namanya.
Dari urusan itu, saya jadi kenal sama tetangga sebelah yang memang warga baru di sini. Bu Tetty.
Orangnya tampak baik dan obrolannya nyambung. Umur sepertinya gak terlalu jauh.. ya karena putranya baru berusia 12 dan 8 tahun lah...
Coba ibu-ibu lain tetanggaku di sini... anak-anaknyalah yang sebaya dengan saya. Kalo arisan, tentu saja saya jadi ibu termuda di sini.

Saya izinkan tukang kebunnya Bu Tetty memotong dahan itu.. sambil sedikit berbasa-basi kalau itu sebenernya tanggung jawab saya. Pohon saya yang mengganggu halaman belakang dia.
Dan obrolan kami sampai juga ke masalah tawon.
"Iya Bu Wiska, tawonnya kalo pagi-pagi suka masuk ke rumah"
"Wah.. sarangnya ada di kebun saya lho Bu"
"Ohh gitu?? Setau saya dulu sarangnya di jendela kost-kostan mahasiswa yang di belakang kita itu, tapi sama mereka kayaknya sarang itu dilemparin sampai jatuh ke halaman saya. Bayangin Bu.. mereka ngelemparin sarang tawon itu pake VCD bekas, kaos bekas, kolor bekas... sampe banyak sampah di belakang rumah saya"---
(beu.. please atuh lah mahasiswa UIN teh nyak...wkwk...)

"Oh.. jadi di belakang rumah Bu Wiska ya sarangnya sekarang?"
"Iya Bu.. nanti saya usahakan dimusnahkan deh tawonnya"

Sepulang Bu Tetty dari rumah, saya yang paling suka ngemil di halaman belakang sambil ngelamun, kembali menunaikan kebiasaan tersebut.
Berbekal sepotong ubi cilembu, saya duduk-duduk di belakang sambil mengamati daerah tawon bersarang...

Nyam.. nyam..... GLUGGGGHHHHH !!!!

Segera saya ambil kerudung, buang kulit ubi... dan segera menggedor pintu halaman belakang (penghubung antara rumah saya dan rumah Bu Tetty).

"Ohhh.. bisa ya pintu ini dibuka?", Bu Tetty tampak surprise karena ternyata bisa 'loncat' dari halamannya ke halaman rumah saya lewat pintu itu.

"Ibuuu.. Ibu lihat deh sarang tawonnya.. ada di situuu... Bapaknya jangan dulu tebang dahan.. ntar diserang tawooon", kata saya agak panik...

“Ohhh iya ya... “

Si Bapak tukang kebun Bu Tetty juga ikut lihat.

“Wahh.. untung we dikasih tau.. ampir bapa naik tadi.... Bakar aja atuh Neng sarangnya?”, kata si Bapak

“Gak punya batang panjang pak... tapi udah sedia sih lalamakan (kain perca) buat dibakar mah”

“Saya ada Bu batang panjang, bekas serelek gorden”, kata Bu Tetty.

Dan akhirnya dibuatlah semacam obor panjang untuk membakar si sarang tawon.

“Nanti aja Neng, dibakarnya jam 9 malem pas tawonnya lagi pada ngumpul”

* * *

Sepulang suami dari kantor, saya langsung memberondongnya dengan cerita tawon. Dan usulan pembakaran malam ini.

“Kan dibakar itu gak boleh”

“Emang dalilnya gimana sih?”, serang saya sambil manyun.

Suamiku buka laptop, browse dari internet dan dapatlah dalilnya.....
hmmm.. bener juga.

“Papa juga sih.. disuruh ke kampung sebelah dari dulu malah diemmm aja”, jawab saya tambah manyun.

Dalam hati sih saya memaklumi kalo suamiku pulang kerja ya pasti capek. Boro-boro mikirin sarang tawon. Dan saya pun seringkali tak tega mengganggunya dengan urusan tetek bengek rumah tangga gitu. Biar suamiku tau beres aja.
Tapi kali ini saya kebawa kesel karena si tawon udah nyusahin tetangga.

Saya mempertahankan manyun saya. Dan suami saya diam di hadapan saya. Tidak membalas, tidak bereaksi apapun. Bingung juga kayaknya dia...

Hihi.. begitulah cara kami bertengkar. Eh.. itu sih bukan bertengkar namanya ya?. Hampir sepuluh tahun kami berumah tangga sama sekali belum pernah bertengkar adu mulut. Paling ya adu mulut beneran alias mmmmm... hahaha....

Palingan kalo ada masalah saya nangis, dan suami saya mendiamkan. Dia tidak pergi, tidak ke mana-mana, apalagi kabur.... ujung-ujungnya memang disadari, seringkali saya juga yang salah. Dia mendiamkan biar saya mikir. Karena suamiku percaya kalo selesai nangisnya, barulah saya bisa berpikir jernih. Hampir tak pernah lewat dari satu jam, biasanya kami udah pelukan lagi.

Kali ini suamiku memang agak telat bertindak. Malam itu barulah dia nyariin orang di kampung sebelah. Agak lama dia keluar rumah keliling kampung.

Saya udah mikir-mikir buat nekat bakar sarang tawon sendiri pas suami tidur.
Tapi buru-buru istighfar....
Hanya karena sarang tawon saya langgar larangan Allah dan larangan suami????
Istri macam apa aku???

Fuhhh.. buru-buru ditepis pemikiran itu. Betapa bila saya melakukannya bisa jadi suami hilang kepercayaannya pada saya.

Diam-diam saya kagum sama suami saya yang luas ilmu agamanya dan teguh pendiriannya. Pantang banget melanggar dalil yang udah dia fahami.
Gak sia-sia juga dia kursus bahasa arab, jadi lebih ngeh sama dalil ketimbang aku. Hehe.
Istri mana sih yang tak merasa aman ada di samping suaminya yang menjaga keluarganya dunia akhirat??? Urusan tawon aja dia gak berani langgar, mana berani dia tembus batasnya dengan perempuan lain??? Hahaha.. asosiasinya jauh teuing ya...
Ya kurang lebay gitu deh...

Pulang dari kampung sebelah, suamiku bilang... “Belum ada yang bisa malem ini. Biar saya nanti yang bilang ke Bu Tetty deh”
Hmmmm... saya jawab lagi “Enggak usah.. biar ajeng aja”... saya udah reda keselnya.
(ajeng is.. panggilan kesayangan suamiku padaku)

Saya merasa kalo saya mesti belajar juga menyampaikan aturan islam yang saya fahami pada orang lain, meskipun itu berat.
Cuma sarang tawon! Masa gak bisa!

Huhuhuu.. aku dan suamiku damailah sudah... pelukan lagi deh...
*Hmm...makanya paling gak kuat kalo suami jauh. Dia gak bisa ngomong baik lisan maupun tulisan buat nyatain sayangnya. Bisanya cuma peluk ma cium doang tujuh kali sehari... haha...

Besoknya saya bilang ke Bu Tetty.. bla.. bla...
ternyata tak sesulit yang saya bayangkan. Bu Tetty langsung nerima pernyataan dalil yang saya kemukakan, pun tukang kebunnya.

“Biar tanggung jawab saya Bu, buat ngebersihin dahan ini... nanti saya suruh tukang saya kalo sarang tawonnya udah diambil”

Sepakat..
ehe.. gampang ternyata

Dan akhirnya hari sabtu kemaren si sarang tawon dengan nekat saya semprot baygon siang-siang. Ternyata gak nyerang tuh. Dan malamnya ada orang dari kampung sebelah yang dengan mengenakan helm dan jaket tebal berhasil meringkus si sarang tawon.

Suamiku pun segera membuangnya jauh-jauh dari rumah...
buang sial.. hihi...

AlhamduliLlah.

Sejak kejadian itu saya perhatikan suami jadi lebih lebih lebih lagi perhatiannya sama saya..
huehehe... peyuuuuuukkkk.... :)

***

4 komentar:

Akhsayanty mengatakan...

:) , lucuuuuuuu.....

koleksikaosdistrosurabaya mengatakan...

Iya sdh 1mgg ini rumah saya jg kedatangan tawon. Tapi ga tau jg dmana sarangnya hehehe...

Unknown mengatakan...

Ohh jd disemprot saja yaa sarang lebah itu dgn baygon..? Di langit2 gudang blkg di rmh sy ada tuh sarangnya...baru sadar..

Unknown mengatakan...

Ohh jd disemprot saja yaa sarang lebah itu dgn baygon..? Di langit2 gudang blkg di rmh sy ada tuh sarangnya...baru sadar..