Rabu, 27 Februari 2013

Posting ke 4 - Sembilan Minggu - takjub

***
Melahap sebuah buku yang saya pinjam dari Inay. "Having a Baby" tulisannya Dr.Oz.
Bukunya keren, dalem, bahasa ginekolog yang bisa dicerna oleh orang awam, gak ngebosenin.
Banyak hal yang saya baru tau dari buku itu tentang kehamilan, padahal saya sudah punya anak dua :D
Banyak tau, banyak takjubnya juga. Sampai sering berkaca-kaca, betapa Allah menciptakan banyak detil keajaiban dalam tubuh saya yang sedang hamil ini.
Dari ujung kepala sampai ujung kaki semua berkoordinasi untuk memberi yang terbaik pada si janin layaknya sebuah pabrik yang amat besar dan kompleks, tapi semua tertata rapi.

Mengetahui tentang betapa hormon dari plasenta itu bisa mengatur gula darah, insulin, dst sehingga si janin kebagian gula yang cukup. Adanya hormon-hormon lainnya yang mengatur ini itu ...sampai sampai ada juga hormon yang membuat si ibu bakal sayang banget sama bayinya. Wooooww..

Penyajiannya banyak dalam bentuk bagan unik berupa komik yang lucu, sampai kebayang banget apa yang terjadi dalam tubuh. Ilmu anatomi fisiologi manusia juga farmakologi yang di kuliahan dulu itu lumayanlah membuat saya rada ngeh gitu dengan beberapa istilah dan hubungan antara fungsi bagian tubuh yang satu dengan yang lainnya.
Asyik banget bacanya.

Dan .. dulu kita pernah jadi si janin itu ya, di perut mamah! Ugh, kerennyaaa...
Bener bener segala puji hanya bagi Allah Tuhan Semesta Alam.. Setitik ada yang salah saja dalam pengaturan di tubuh ibu hamil, jeprut deh si janin.

Elus-elus perut. Sehat ya dede janin satu dan dede janin dua..
Meskipun emaknya masih kembung dan u o melulu, tetap saja ini pertanda sehat dan wajar, sebagai mekanisme tubuh ibu yang, katanya, biar gak makan sembarangan.

oke deeeh :)
***

Tidak ada komentar: