Rabu, 12 Oktober 2011

Renovasi Rumah (1)

***
Gak pernah terbayang uang dari mana itu saya dan suami bisa renovasi rumah. Duit abis melulu untuk keperluan sehari-hari dan anak sekolah. Boro-boro nabung. Tapi yang penting memang niat, dan meluruskan niat tersebut.
Niat utamanya satu, yaitu nambah kamar untuk anak, mengingat Arif/Sofi udah pada besar, dan sudah seharusnya kami memberi kamar yang berbeda untuk mereka.
Tapi kapan?

***
Namun jalan itu akan selalu Allah bentangkan pada saat kita memang benar-benar perlu dan benar-benar berniat.

Suatu hari sebelum bulan puasa, ibu mertua ngajak saya dan suami bicara. Katanya ingin mengajak kami umrah. Bertiga saja. Saya, suami, dan ibu.
"Tapi ibu denger katanya mau bangun kamar? Terserah mau dipake umrah atau bikin kamar uangnya?"
Hmmm.. gimana ya...
Kami pun minta waktu untuk berpikir.

Betapa inginnya saya menginjak tanah suci Makkah..
Mana saya belom pernah naik pesawat juga..
Terus kan ntar berdo'alah di sana sewaktu umrah..
Minta rumah bagus, mobil bagus..hehe..kan Insyaa Allah diijabah ntar..

Tapi kok ya rasanya aneh ya, saya terbang ke Makkah, sementara anak-anak memang sudah butuh kamar sendiri? Meninggalkan berbagai kebutuhan yang memang sudah penting untuk diadakan?

Saya lebih berat ke bikin kamar. Saya bilang ke suami, dan setelah suami sepakat, saya bilang sama Ibu, uangnya mau saya pake bikin kamar aja..

Giliran ibu yang mikir...

Rupanya Ibu ingin berangkat (lagi) ke Tanah Suci, tapi kali ini ingin ngajak putranya. Adik ipar saya udah jadi haji beberapa tahun lalu bersama suaminya. Ibu ingin melihat kedua anaknya bisa menginjak Tanah Suci Makkah.

Ibu jadinya bilang lagi "Ibu ajak Wiska aja umrah gak apa-apa ya, gak sama Irma? Jatah untuk Irma ibu jadiin buat bikin kamar"...

Ibu bilang, uang tunai yang ibu punya buat 'jatah' saya itu adalah sekian juta rupiah.. hmmm... memang cukup buat bikin satu kamar yang bagus.

--- baiklah Ibu, terimakasih banyakkk... banyak sekali----

Setelah itu suamiku jadi mikir jauh...
Ya bisa sih bikin kamar aja mah, tapi apa pantas naro kamar gitu aja di belakang?
Hmmm...

Keliatan deh kalo suamiku lagi mikir itu.. bawaannya bolak balik jalan jalan dari pintu dapur ke pintu ruang tamu, masuk kamar .. ke dapur lagi.. balik lagi.. Mirip setrikaan.

Maka keluarlah keputusan dari mulut suamiku..
RENOVASI TOTAL !!
BismiLlaah... hmmmm.... uangnya?
Uangnya dari mana, Mas? Sementara Ibu 'cuma' ngasih seperlima dari biaya yang kami butuhkan untuk renovasi total rumah....

(BERSAMBUNG)

Tidak ada komentar: