Kamis, 15 September 2011

tersinggung

***
Sungguh memalukan. Kemarin saya nyetrika malem-malem sambil nangis. Kebetulan suami dan anak-anak di kamar sebelah lagi main komputer, saya nyetrika sendirian di kamar lainnya. Yang bikin malu bukan nangisnya, tapi pasal kenapa saya nangis.
Kenapa coba saya nangis?

Saya nangis karena pengen BB alias blackberry !!! Hahaha !!!

Saya kesal karena saya sedang pengen online, chat sama temen, tapi kalo malem gak bisa, karena saya harus memberi kesempatan pada suami untuk online. Saya kan udah tadi pagi. Detik ini saya bisa online di laptop karena saya sudah tunai kewajiban 'memperhatikan' anak-anak dalam pelajaran sekolahnya dan karena suami saya ketiduran.

Ah.. coba saya punya BB. Kan saya bisa tuh BBMan sama temen saya itu yang punya BB. Barangkali saya bisa ngocoblak di grup BB yang kayaknya lebih rame ketimbang grup FB. Dan barangkali pula grup BB adalah grup orang-orang yang terpilih sebagai orang kaya di dunia ini. Yang punya duit berjuta-juta buat membelinya. Browsing lebih cepet juga kali ya. FB-an bisa kapanpun, bahkan twitteran kayaknya lebih enak deh.
Begitulah kata saya dalam hati sambil ngusap air mata di pipi kiri kanan. Lebay asli.

Maklumlah opera mini di hp saya saat ini sedang dalam tingkat mengesalkan. Lamaaa dan keputus-putus. Udah bikin status lucu. Ehhh... taunya gak bisa diupload. Jadi aja gak jadi nguploadnya karena jadi terasa garing luar biasa.
Akhirnya saya males tu' buka-buka FB atau twitter dari hp. Sudahlah.
YM apalagi... sekali dua kali posting mesej, ehhh.. keputus. Payaayayayayaahhh...

Nangis lagi deh gue. Menangisi kemiskinan betapa saya tidak punya gadget yang bagus.
Dodol lah pokonya.

Sisi baik dari hati saya pun akhirnya angkat bicara untuk menenangkan sisi galau.
"Kamu itu ya Ier, makanya belom dikasih BB karena dijaga Allah biar bisa jaga omongan kamu di dunia maya. Semakin sedikit kamu komen dan pasang status, maka semakin sedikit juga orang akan tersinggung dengan omongan kamu, dan semakin sedikit juga kamu mikirin omongan orang".

Sisi galau pun akhirnya mengangguk-angguk tanda mengerti. Air mata pun mengering, dan saya lanjut nyetrika, walau akhirnya saya ngantuk dan setrikaan pun gak selesai.

***
Hmm.. rupanya Allah belum berhenti kasih saya peringatan. Tadi siang saya bertuit tuit di twitter. Lebih heboh dari biasanya karena teman dekat saya yang lagi twitteran pun banyak. Jadi asa rame gituh.

Dan ternyata ...arrrrggghhh... keceplosan !!
Gitu deh ya kalo lagi on fire. Kadang kontrol diri kurang.

Sebenernya saya udah mikir hampir 5x ketika akan kirim itu komen di twitter. Tersinggung engga tersinggung engga...
sampe akhirnya si reply+RT saya terkirim, saya masih mikir untuk mendeletenya.
Delete jangan delete jangan...
Lamaa itu saya mikir.
Tapi biarlah.. rasanya kok ya kalo saya jadi dia gak akan tersinggung.

Untungnya teman saya itu kalo ada apa-apa bilang. Dia bilang di replynya kalau dia tersinggung dengan komentar saya. GUBRAGGG....
Ya sudahlah, sms saja. Saya minta maaf, dan balasannya pun baik. Dia menjelaskan kenapa dia tersinggung, dan saya baru ngeh. Semoga memang dia memaafkan.

Iya saya memang jadinya mikir, .. ooh.. iya yah. Tidak semua yang kita anggap cuma main-main, cuma basa-basi, dan gitu aja kok ya tersinggung, adalah benar-benar tidak menyinggung perasaan orang.

Contohnya saja orang-orang yang ketemu saya, rata-rata... bener2 deh rata-rata, karena banyakkkk bangettttt orang bilang saya KURUS.

"Kok jadi kurus Ir?"

Ya ampuun itu yang bilang kayak gitu ya... jutaan orang kayaknya (kerasanya,red).
Dan jujur saya tersinggung.

Tau gak sih, kalau orang bilang kayak gitu kesannya saya itu penyakitan, cacat metabolisme, stress berat, dan hidup menderita bersuamikan lelaki yang tak peduli nafkah. Huahahahahah... lebay ya? Tapi jujur saya seakan mendengar hal itu di balik pertanyaan:

"KOK JADI KURUS IR? ...BERAT BADAN BERAPA?... HAH? CUMA 42?"

DZIIIGGGGHHHHH.... !!!!

Kadang pengen bilang...terus urusan elu apa heh? Gue juga pengen punya berat badan ideal! Tapi kalo gak bisa ya gak bisa! Mau gue makan nasi sebakul tiap malem juga tetep ajaa berat badan segini! Yang penting gue sehat tau!!

Tapi tentu saja saya menelan bulat-bulat perkataan kurang ajar yang ingin saya lontarkan itu. Ya mungkin orang hanya nunjukin perhatian aja. Atau mungkin dia juga sirik sama tubuh saya yang slim ini. Banyak kok yang nyangka saya masih gadis. Heheheh.

Ah, mengapakah ada singgungan di dunia ini ya. Ada yang menyinggung, ada pula yang tersinggung. Namanya juga gaul ya. Gak galau gak gaul.
Bila anda terpendam di rumah dan hanya ngurus kucing barangkali tak pernah itu anda galau.

Sementara saya adalah manusia gaul. Lebih tepatnya sok gaul. Ya pasti ada singgungan dengan teman-teman semua.

Saya sendiri merasa saya tidak mudah tersinggung (tersinggungnya cuma karena masalah kurus tadi #keukeuh).
Contohnya nih ya...kalau ada temen ngomongin orang, terus di akhirnya dia bilang "Siapa yang gak kesel coba Ir, digituin?"
Emmmm... dalam hati kadang saya bilang.."Ah kalo saya sih biasa aja tuh"... bari tiis. Tapi ya saya gak ngomong gitu lah. Biasanya diem aja gue kalo dicurhatin orang kayak gitu. Palingan bilang: "Dianya lagi PMS kaleee... Udah ah gak usah diambil hati... mending nraktir saya aja yuk biar saya gemuk.. hehehehe..."

Oh iya jadi kaideuan.. kalo ada yang bilang saya kurus. Saya langsung minta traktir aja ya? Hahahaha. Awas kalian..

Saya belum pernah ngeblock akun FB siapapun kecuali dia sudah bertindak kriminal seperti penipuan. Belum pernah unfriend kecuali bila dia tidak saya kenal tapi ujug-ujug promo barang di wall saya.

Ah dunia kelam tanpa teknologi canggih dalam bidang komunikasi kadangkala memang kita rindukan. Saat kita tidak mudah berkomentar, saat kita tidak mudah upload status, saat kita lebih bisa menjaga lisan.
Tapi apa daya kita ditakdirkan Allah hadir di dunia seperti ini. Yang tulisan saya ini saja... yang 'INI'... bisa dibaca lebih dari sepuluh orang dalam hitungan beberapa menit ke depan. Subhanalloh yah.

Berarti memang kontrol diri, kontrol hati, kontrol jari, harus lebih dijaga lagi. Saya saja yang tidak punya BB dan tidak bisa update status setiap saat bisa nyinggung perasaan orang seperti tadi siang! Apalagi yang punya BB, Ipad, Android, Galaumix, Curcolinet, Curhatzoid dan sebagainya? (3 terakhir ngarang, red).

Buat Irma Vitriani Susanti, pikirkan lagi ya sebelum ngomen dan pasang status di FB, di twitter, ataupun status BBM (eit? Amiiiin kituh. Amiiin) . Pikirin ni status nyinggung engga. Komennya nyakitin engga. Da saya mah gak setuju atuh kalo orang bilang ini wall,wall gue .. Gue? elo? end!!! ... apa urusan elu, dsb. Karena bagaimanapun apa yang kita tulis ini dibaca orang. Buat apa nulis di jejaring sosial kalo gak butuh dibaca orang. Kalo gak mau dibaca orang mah eta we nulis di diary yang wangi terus pake gembok kecil tea. Tah di dinya, aman. Nu tersinggung paling semut, eta oge mun semutna kacepet ku gembok.

Khususon buat yang saya singgung hatinya hari ini, atau mungkin sebelumnya tapi saya gak nyadar, saya ucapkan mohon maaf lahir batin, taqobbalaLoohu minna wa minkum. Hapunten atuh lah, da abdi mah jalmi alit, tos begang kieu mah tos we pasihan emam, ulah dimusuhan nya, da bageur.

***

1 komentar:

Arjumand mengatakan...

Assalamu'alaykum teh ier...tos lawas tepang...tepang2 di dumay yah..mugi2 emut keneh ka abdi nurul farobi tea..poeple said you can get friend from fb and you also can loose your friend from fb...saya ngalamin sendiri teh...karena bahasa tulisan itu mungkin beda dgn bahasa lisan...sering menimbulkan salah faham...apalagi kalo ybs sedang sensi...o ya..tulisannya lucu bgt, segerrr...serasa abis minum es jeruk asli tanpa pemanis buatan..jadi pengen baca semuanya..hehe..udah keliatan da teh ier emang jago nulis dari sejak di karisma jg..baarakallahu fiik..