Senin, 19 September 2011

k o p i - d a r a t 100%

***
Sabtu-Minggu kemarin saat Arif dan Sofi saya beri kekuasaan penuh atas modem yang kami punya, mereka kalap. Beneran itu mah dua hari mereka manfaatkan manteng di depan laptop bergantian. Ngegame tentu saja, dan sesekali Arif facebookan.
Saya tidak punya alternatif lain. Katakanlah membawa mereka jalan-jalan ke mana gitu. Bandung macet sabtu-minggu dan kami tidak punya cukup uang untuk bisa berbelanja lebih dari kebutuhan. Naik gunung gratis? Eheheh.. banyak hal yang harus saya dan suami lakukan di rumah kemarin. Beres-beres rumah dan panggil montir untuk servis mobil.

Walhasil saya pasrah melihat Arif dan Sofi begitu asyik ngegame, dan setengah kesal juga saya. Ngegameee teruuuusss .. gak kreatif amat sih anak-anak gue. Main apa kek gitu yang gak usah di depan laptop.
Tapi dipikir-pikir barangkali sayanya juga yang gak kreatif ya? Main apa coba yang asik.. karena game internet itu kalo saya pantau sih, emang nyenengin. Emaknye aje ini mah yang gak kebagean main. Jadi kesel. Wew.

Akhirnya mereka sampai juga di batas waktu. Magrib, hari minggu. Mereka tidak boleh lagi menyentuh laptop. Modem dicabut.
Arif masih nawar,"Main game di HP Umi boleh engga"
Dulu saya sempat membolehkan, tapi setelah 30 menit saya minta waktu berpikir, saya bilang ke Arif, "Tidak". Pokonya tidak boleh untuk semua barang elektronik, termasuk TV. Dan tentu saja semua aturan itu berlaku juga bagi Sofi.

Bada magrib itu, setelah baca Qur'an beres dan makan malam selesai, Arif Sofi jadi luntang-lantung. Hadooooh....
Sofi ambil kertas dan menggambar, Arif ngurus bentol di kakinya yang tampak super gatal. Selanjutnya Arif menggambar juga di whiteboard.
Setelah itu, luntang lantung lagi.

Kalau sudah begini memang saya musti turun tangan. Bapaknya biarlah di depan komputer, kasian da dia mah bisa online atau apapun di PC ya cuma malem. HP dia mah pan jadul, kagak bisa online..heheh.. senasip dengan HP saya yang menurun kemampuan onlinenya saat ini.

Turun tangan yang bisa saya lakukan untuk Arif dan Sofi adalah dengan mengambil modul pelajaran mereka. Belajar apapun yang ada di sana. Buat Sofi baca bareng tentang kegunaan sinar matahari bagi makhluk hidup. Dan buat Arif dia saya suruh baca tentang rangka manusia.
Beneran tu buat Arif saya turunkan buku Principles of Physiology and Anatomy nya Gerard J. Tortora, buku jaman saya kuliah yang tebalnya hampir seribu halaman itu, biar dia bisa lihat gambar anatomi manusia dengan benar.

Tapi seringkali untuk berbagai kebutuhan visual anak-anak dalam pelajarannya, saya minta bapaknya yang lagi online untuk mencarikan gambar yang bagus berkaitan dengan pelajaran mereka. Misal tentang rotasi bumi, galaksi bima sakti, satelit, planet.. visualisasi dari berbagai web di internet itu oke banget.

Kembali ke masalah turun tangan agar anak-anakku tidak luntang-lantung....
Ternyata belajar pun memakan waktu tidak begitu lama. Arif Sofi palingan ngabisin waktu 15 menit untuk membaca dan memahami satu materi. Dan cukup, mending sedikit tapi masuk daripada banyak tapi olab. Selanjutnya paling saya ngetes dua kosakata bahasa Inggris ke mereka (biar emaknya juga belajar).

Pokonya mulai semester ini saya ingin menerapkan ke mereka kalo belajar teh jangan hanya pas mau ulangan aja. Kalo belajar pas mau ulangan aja mah nantinya gak enak, diburu-buru, gak ngerti dan cepet lupa. Maklumlah ini saya berpengalaman puluhan tahun. Belajar cuma pas mo ujian :D - Arif Sofi pun sepakat.

Teruuusss .. ngapain lagi ya biar anak-anak saya tak luntang lantung...
Mereka kayak kehilangan arah gitu kalo abis online seharian teh. Persis kayak saya. Hoho.
Oya saya juga kasih pengertian ke mereka, alasan kenapa saya melarang mereka ngegame semasa belajar senin sd jumat. Biar otak gak capek. Pindah dari game ke belajar itu bikin capek looh. Saya bilang gitu.
Arif nanya lagi "Kalo facebookan boleh?"
Dan saya jawab "Tidak".... he he he... ngegame sama facebookan sama aja. Ceuk si umi dari lubuk hatinya yang terdalam.

Akhirnya saya, Arif, Sofi, dan bapaknya yang kadang ikut nimbrung itu ngobrol aja kesana kemari. Ngacaprak, dan itu buat saya jauh lebih menyenangkan dibanding melihat mereka asik ngegame (tentu saja).

Mendengar betapa banyak mereka berbicara, saling menimpali, dan berebut bercerita, saya jadi ngeh bila perasaan anak itu sama aja dengan perasaan saya. Mungkin perasaan siapapun.

Saat kita sebagai lawan bicara punya perhatian 100%, maka orang yang bicara dengan kita pun akan senang 100% untuk bercerita. Tapi satu hal saja.. bila lawan bicara kita udah mulai sesekali pegang gadgetnya, sesekali menatap layar, sesekali mengetik sesuatu, dan sesekali pula menatap saya sebagai lawan bicara di dunia nyata nya, maka saya lebih baik berhenti bicara hingga dia menatap saya sepenuh hati. Tapi kesenangan saya berbicara dengan dia sudah jauh berkurang. Tidak 100% lagi. Pundung. Nyeri hate. Hayang balik.

Lebih baik kalau kita minta izin dulu kepada lawan bicara 'nyata' kita kalau kita hendak membalas sms, minta cut dulu ngobrolnya, untuk menunjukkan kalau kita ingin menyimak obrolan dia 100% setelah membalas sms ini .
Atau kalau saya sedang asik YM dan Arif atau Sofi tampak pengen ngobrol, saya suka bilang sama mereka.. "Ntar ya, Umi pamitan dulu sama yang di YM ini".

Saya mengalami masa kecil yang cukup sempurna untuk ukuran manusia biasa. Punya orang tua perhatian yang malam hari itu identik dengan ibu menjahit dan ayah membaca koran. Mamah saya dulu suka menjahit untuk cari penghasilan tambahan. Jadi tukang jahit walau hanya untuk pakaian model sederhana seperti seragam sekolah dan mukena.
Dan bapak saya adalah PNS yang pergi pagi pulang petang, malam hari membaca koran.

Suasananya asik, dan saya lupa dulu saya ngapain aja pas malem-malem. Kalo gak salah sih ya main boneka kecil-kecil buatan mamah dari kain perca, congklak sendirian, atau main bola bekel.

SD saya jarang belajar, tapi komunikasi dengan orang tua cukup baik. Karena saya merasa terperhatikan walau ibu menjahit dan bapak membaca koran. Mesin jahit dan koran itu adalah benda mati. Makhluk hidup di rumah ya cuma orang tua saya, saya, dan kedua kakak saya.

Entahlah kalau dulu ibu saya main BB dan bapak saya menghadap laptop, barangkali dingin ya? Karena para gadget itu saat ini ternyata seperti makhluk hidup walau tidak memenuhi ciri-ciri makhluk hidup. Para gadget itu bisa berkomunikasi. Mereka bisa membuat kita nangis dan tersenyum. Mengerikan bila ibu bapak saya berkomunikasi dengan makhluk hidup lain di dunia lain. Sementara diriku sebagai anak ditinggal di dunia nyata.

***

Dan tadi malam itu waktu tidur pun sampai, yaitu jam 8.30 malam. Arif Sofi pun tertidur dengan cepat, sehingga setelah mereka tidur, saya bisa online sampai jam 10 malam.. horeee.. :))

***

Tulisan ini tidak bersifat tendensius. Bukan berarti saya menyalahkan yang ber-BB ataupun yang bisa online setiap saat dari gadgetnya. Karena saya sendiri tetap pengen gadget bagus seperti yang kalian punya.

Hanya saja saat saya sulit online dari HP seperti sekarang, maka hal-hal nyata yang ada di sekitar saya ternyata lebih ternikmati. Lebih termaknai.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa saya baca lagi nanti, setelah saya punya gadget baru yang lebih canggih, atau HP saya yang ini sudah sembuh.
Biar saya tidak lupa daratan. Daratan tampat anak-anak dan suami saya berpijak. Tempat saya bisa kopi darat.
***

Tidak ada komentar: