Sabtu, 23 Juli 2011

Kisah Seru di Balik Layar "Antara Seorang Istri, Engineer, dan Mahasiswi" (Part I)

***

***
Akhirnya jadi juga buku kolaborasi antara saya, Badra, dan Zahra, yang berjudul "Antara Seorang Istri, Engineer, dan Mahasiswi".
Itu teh cita-cita saya sejak dulu, ingin membukukan tulisan-tulisan saya sendiri tanpa proses editing bahasa.
Pas ketemu sama Badra dan Zahra, yang tulisan-tulisannya di note FB sangat saya suka, saya langsung kepikiran untuk bisa gabungin tulisan saya sama tulisannya mereka. Kayaknya asik.

Kenal ka Badra teh pertama kalinya karena saya pernah lihat balad saya Ipin ditag di notenya Badra, dan notenya teh bikin saya ngakak asli. Maka saya add lah Badra ini. Dan jadilah kami berteman. Dan sepertinya sih Badra juga suka sama tulisan-tulisan saya ^.^ sehingga saya ternyata tidak bertepuk sebelah tangan. Halah.

Kalo kenal ka Zahra pertama kali waktu Rena (balad saya juga) nyuruh saya baca sebuah note. Judulnya apa ya lupa. Pokonya penulisnya adalah Zahra Pencerita. Nah pas saya baca notenya Zahra alias Zet itu, saya juga ngakak nepi ka cirambai. Saya add lah itu Zet, dan kami pun berkenalan.

Zet jadi sering ngetag saya di setiap notenya, dan saya pun jatuh cinta pada tulisannya. Dan ternyata oh ternyata, Zet mah udah jadi penulis profesional, tergabung di Lingkar Pena, dan beberapa waktu lalu bukunya udah beredar di toko buku besar dengan judul "Pesantren Girls". Saya baca bukunya, dan dari awal sampe akhir saya nyengir, ngakak, sampe nangis. Bisaan si Zet nulisna euy.

Mun baca tulisannya Badra dan Zet, saya suka inget sama Pidi Baiq, penulis lucu yang orang Margahayu Bandung itu.
Bukan berarti tulisan mereka nyontek Pidi Baiq, tapi kekhasannya itu lho. Di bodornya, di sundanya, di konyolnya, kentara banget.
Ada khasnya Badra, ada khasnya Zahra, dan ada khasnya Pidi Baiq. Pikaseurieun, menghibur, sarat hikmah, dan tetap menunjukkan jati diri mereka sendiri. Gak dibuat-buat.

Maka pada suatu hari, saya ajaklah itu Badra dan Zahra alias Zet alias Z, untuk berkolaborasi. Karena saya tau,ada penerbit yang mau nerbitin tulisan kami, asal kami bayar 500rebu, dapet tu buku dicetak satu eksemplar dengan nomor ISBN resmi.
Lumayan pan tah 500rebu bisa iuran. Selebihnya kalo mau pesen 1-2 eksemplar ya bayar we masing-masing ka penerbitna. Daripada saya nerbitin sendiri, 500rebu ditanggung sendiri.
Eh tau ISBN pan... International Standard Book Number. Jiah.. keren pisan.
Jadi itu teh buku beneran. Kan hebat. Mun makanan mah kayak ada No.Reg nya gituh. Hahaha.
Dan buku mah gak perlu tanda halal dari MUI pan?

(Tibatan si Badra, cenah sampe ngeprint tulisannya sendiri, difotokopi, dijilid, dibagikeun. Kan teu keren. Ahahaha)

Ternyata usulan saya mendapat sambutan baik dari Badra dan Zet. Mereka pun saling mengadd FB. Terus kami email-emailan, smsan, dan inbox2an, ngurus itu buku. Kebanyakan sih via email.

Langkah pertama, kami mengumpulkan masing-masing 20 tulisan terkeren versi masing-masing, yang pernah kami tulis di blog atau note FB. Kemudian saling kirim, saling baca, saling pilih 10 judul dalam format excell, dan dikirim kembali, sehingga pada akhirnya terpilihlah masing-masing 10 judul dan terkumpullah 30 judul tulisan dalam rancangan buku kami itu.

Jangan dikira proses itu gampang....

On 12/03/2011 11:01, Dani Badra wrote:

Assalamualaikum wr wb,,
ini teh, tulisan saya yg udah disortir, hehehe, mangga mangga, mana tulisan kalian???

On 29/03/2011 0:55, Dani Badra wrote:

#teh ier : teh, gimana kalo kita sendiri juga milih 10 tulisan atas tulisan kita. jadi itu file excellnnnya sy modif. silahkan di cek teh,,,jadi katingali mana nu peminat tulisanna paling banyak
#zet : mana zet nominasi tulisan pilihan zet belum ada? ditunggu biar lengkap
hehe

From: Ierma
Sent: Sat, March 26, 2011 2:07:43 PM


Eh.. tugas saya selesai ya..
Tuh saya udah pilih tulisan badra dan zet
Ayo ayo ... mana pilihan kalian? ditunggu loooh....
Isi aja format xls yang sudah saya buat itu ya...

Nuhun ... semoga kerjasama ini berlanjut dan tercatat menjadi sebuah amal kebaikan. Amiin :)

From: Ierma
Sent: Fri, April 1, 2011 5:32:06 AM

Sok, terus bagaimana ini teh...
saya sudah mencontrengi pilihan saya atas tulisan saya sendiri, di file kirimannya zet.

From: Zahra Pencerita
Sent: Fri, April 1, 2011 7:13:45 AM


horrreeee.
sok atuh siapa yang mau nyusunin?
tulisan aku mah gak apa-apa gak pertama juga. hehe

On 01/04/2011 23:08, Dani Badra wrote:

tah ieu ku sy udah dibikin daftar isi. di sheet daftar isi.
urutan disesuaikan umur. yang paling senior di awal, lalu saya lalu zet, wkwkwkwkwkw
diurut terus sampe terahir
sok yg nanya ke tempat bikinnya zet atau teh ier nya

Dari: Dani Badra
Tanggal: Jumat, 1 April, 2011, 2:47 PM

 

ini sudah saya seleksi. di warnain kuning yang terpilih. masing2 ada 10 tulisan.
langkah selanjutnya,,
1. hubungi yg mau nyetak gimana prosesnya
2. kasih bahan tulisan ke yg mau nyetak
3. kita bagi2 biayanya
4. ntar kita rapat lagi kalo yg 1-2-3 udah ada jawabannya

(punten pisan... BERSAMBUNG)
***

Tidak ada komentar: