Jumat, 18 Juni 2010

saya menulis

***
Tertarik dengan buku-buku terbitan Lingkar Pena asuhan Mbak Asma Nadia, maka saya pun melengkapi koleksinya. Hingga akhirnya saya sampai ke salah satu bukunya yang berjudul "muhasabah cinta seorang istri". Judul itu satu-satunya dari sekian buku yang pernah saya baca yang menurut saya agak mengecewakan. Tema yang diangkat di setiap babnya terlalu 'biasa' dengan gaya penulisan yang biasa pula. Biasa dalam buku itu artinya tentu saja jauh lebih hebat dari seluruh tulisan saya di blog ini.
Hanya saja untuk diterbitkan sebagai sebuah buku, saya sebagai pembaca agak menyesal membelinya.

Tak apalah.. setidaknya dari buku itu saya bisa ambil hikmahnya walau agak jauh. "muhasabah cinta seorang istri" berisi tulisan-tulisan para wanita muda, mapan, berpendidikan, dan beranak satu atau dua saja, yang punya kesempatan dan kemampuan menulis, menceritakan pengalaman 'indah'nya.

Gak apa-apa kan? ..iya gak apa-apa...

Cuma saya ko jadi inget temen-temenku yang dikaruniai kemampuan dan keikhlasan untuk punya anak banyak, tapi terpendam di rumahnya tanpa sempat akses jejaring sosial manapun. Entah karena tak punya fasilitas, ataupun memang gak kepikiran.
Ataupun kebalikannya.. yang sibukkk bekerja di luar rumah pergi pagi pulang petang tanpa sempat berlama-lama dengan putra-putrinya, apalagi menulis.
Atauuuuu... yang sedang stress karena tak kunjung dikaruniai anak... tapi tetep dia gak bisa nulis juga.

Saya merasa kalau setiap wanita itu butuh bercerita dan/atau mendengarkan cerita orang lain. Karena jadi perempuan itu bisa dibilang stressnya luar biasa kalau dipendam sendiri. Beban banyak peran yang mengharuskan dia multiasking dan multitasking. Capeeeee...

Ya kalaupun dia gak bisa cerita, baik menulis maupun ngobrol, mungkin keimanan yang tinggilah yang membuat dia bisa survive, sehingga dia telah sampai pada kenikmatan mengadu pada-Nya.
Saya? belum bisa seperti itu.

Bersyukur saya mungkin jadi salah satu wanita yang seperti tadi saya bilang, kategori wanita yang punya cukup fasilitas, kemauan (entah kalau kemampuan) untuk menulis, dan punya kesempatan untuk itu.
Walau sekalinya menulis, tak urung beberapa tugas lain tak bisa saya selesaikan dengan baik. Habis menulis rasanya legaaaaa... kalo terlalu narsis ya saya simpan di blog ini saja. Tapi kalo cukup lucu dan bermakna, ya bole de share di ef be ..

Khas tulisan saya (kata orang) adalah menghibur. Kocak. Bikin ngakak.

Fyuhhhh... barangkali saking kosongnya otak saya sampai saya gak bisa nulis yang ilmiah dikiiiittt aja, yang bikin orang jadi tau dan mikir gitu. Bukannya cuma ngakak. Katanya lulusan SMA 3 Buandduuungg, plus bergelar sarjana I Te Bueee, tapi ya kok tulisan gitu-gitu doang.

Waktu SMP, bikin tulisan di mading... ehhh.. temen-temen pada senyam senyum.
Gak jauh juga waktu SMA nulis di mading, majalah sekolah, majalah DKM, sampe ke buletin kelas... masih juga bikin ketawa ketiwi temen-temen.
Parahnya pas jadi aktivis salman dan notabene kuliah di ITB, saya nulis di bukom karisma, dan buletin karisma salman, ... weleeeeh.. pada ngakak juga tu orang-orang.

Dan di jaman fesbukan geneeeee... ada yang iseng ngeYM saya: "Teteh, status teteh lucu-lucu ihhh.. pengen ketawa aja bacanya"
Beu.. cik atuh sekali-kali ada yang bilang tulisan saya menyentuh, sarat hikmah, dan mengharukan... wkwkwk...

Ya sudahlah, barangkali kapasitas tulisan saya memang buat jadi lawakan aja..
Karena memang buat saya hidup itu kalo dilihat-lihat ya kok banyak lucunya. Saya seneng aja kalo orang bisa lihat sisi sisi lucu dari hidup ini.. halah.

Menulis juga buat saya adalah rekaman kehidupan saya dan orang-orang di sekitar saya. Membaca tulisan-tulisan saya di masa lalu sama menyenangkannya dengan melihat foto-foto kenangan.
Selalu ingat perasaan saya saat itu, settingnya, para pelakunya, dan diam-diam saya pun terkikik-kikik sendiri. Pengalaman kacrut bikin saya malu. Perasaan mellow meledak-ledak yang bikin saya mesem-mesem sendiri. Dan tak lupa juga hikmahnya yang sering tak terungkap di tulisan atau foto itu sendiri.

Ikut latihan kepenulisan? Udah daftar. Pelaksanaannya besok. Dan ikutan yang biasa aja, 50 ribu rupiah untuk beberapa jam. Bukan pelatihannya Asma Nadia yang 350ribu.

Tujuannya dua: membuat saya semakin semangat menulis, dan ingin tau bagaimana caranya nembus penerbit.
Jadi penulis dan tulisannya diterbitkan?
dibaca publik?
siapa yang gak mau. Apalagi kalau memang dapet duitnya, honor menulis.
Jadi inget ada satu-satunya.. sekali-kalinya... tulisan saya diterbitkan oleh PR kecil, dapet duit 25rebu jaman SMP... seneeeeeng pisan.

Tapi itu bukan .. sama sekali bukan tujuan utama saya menulis selama ini.

Gak kebayang kalau tulisan saya dikasih deadline, dan saya harus mengungkapkan hal-hal 'bermutu' agar layak dibaca, yang barangkali tidak se'mutu' saya sendiri pada aslinya.. hahaha..

***

4 komentar:

Akhsayanty mengatakan...

iyah ih teh ier, jadi ingin nge-blog lagi, di fb asa terlalu...jejaring gitu..:p :P

teh...iseng nih, kebetulan ada temenku yang tesis anak flp, katanya banyak penurunan,budayanya gak menumbuhkan kreativitas cenah -eh,jadi ngagosip- nya kitu weh, tulisan teteh teh mengalir enak dibaca dan menginspirasi :D -tuh saya gak ngetawain...








:))

ier mengatakan...

oh.. emmm gitu ya... lantas apa itu icon di bawah, hm?
:))... apa itu :)) ?
huuuuuuuhhhhhhh Mitaaaaaa !! :((

rena puspa mengatakan...

hah?? emang yg muhasabah cinta itu ga rame nya??..naha ceuk sayah mah rame....tapi emang siy rada sedikit vulgar...eung..tapi ngga juga ah...hoo...ya sudah lah...

Lesly Septikasari mengatakan...

jangan khawatir teh ier, klo buat buku, saya beli deh..
masih masuk standar bahasa indonesia yang sesuai EYD (ejaan yand diplesetkan) :D *peace