Jumat, 03 Desember 2010

hidup adalah pilihan (2)

Tulisan sebelumnya: hidup adalah pilihan

*dengan backsound Iwan Fals : "jangan pernah memilih.... aku bukan pilihan... aku lelaki bukan tuk dipilih... "

Hahaha... kenapa harus lagu ini yang diputar di Delta FM, saat saya menulis dengan tema Hidup adalah Pilihan?

OOT, Delta adalah stasiun radio pilihan saya terutama sejak jam 5 pagi sampai jam 12 siang. Ya barangkali stasiun itu pas aja dengan usia saya yang sudah kepala tiga, plus gak sholeh-sholeh teuing, jadinya gak manteng di radio Islami.
Juga terutama karena ada Farhan, Shahnaz Haq, dan Gilang Pambudi yang cerdas tapi lucu. Lucunya gak garing, gak alay. walau yeahhh.. ada juga ngeresnya.. Heuheu.. Bagian ngeresnya mah saya senyum-senyum aja. Ngarti. Udah nikah ini. Suami juga ada setiap malam. Gak penasaran. Dan jam segitu aman, gak ada Arif Sofi di rumah, jadi gak ikut denger.

Sedang ada di tengah pikiran yang pabaliut. Pikiran yang datang dengan sendirinya, yang barangkali diinisiasi oleh curhat telpon seorang sahabat tadi pagi sampai chat di siang bolong ini. Jadi aja pikiran saya ke mana-mana.

Kadang heran, kenapa saya tidak seperti teman-teman yang masalahnya berat-berat.
Orang tua cerai, bertengkar dengan suami, suami kurang ajarrrr @#$%!!!, punya anak nakal, susah jodoh, ditinggal kawin, dililit utang puluhan juta....
Apakah itu akibat dari pilihan mereka sendiri? Mereka salah pilih? Salah memutuskan? Sementara pilihan saya semua benar?

Saya seringkali pusing bila diajak diskusi dan mengkaji bagaimana peran kuasanya Allah dalam hidup kita. Muntah dah kalo udah harus berfikir sufistik.

Seperti Arif yang pernah bertanya,
kenapa seseorang yang dia sayangi, belum masuk Islam.
Saya bilang, beliau belum diberi hidayah sama Allah.

Hidayah itu apa? tanya Arif lagi.
Hidayah itu kemampuan orang buat mikir mana yang benar, terus mau melakukannya.

Jadi.. sebenernya kita yang mikir atau Allah yang mikir? Arif mencecar.
Kita yang mikir, berusaha belajar,... dan masalah jadi tau atau tidak, jadi benar atau tidak, itu Allah yang menentukan..

Halaaaaaaah... ngarti nteu nya si Arif? Dia gak nanya lagi sih.

Tapi memang pertanyaan terakhir dari Arif bener-bener dalem. Apakah kita yang memilih? Atau menunggu untuk dipilihkan? Hmmmmmmmm.... hm yang panjang, teman. Pertanda mikirnya gak bisa asal.

Bukan kapasitas blog saya untuk membahas hal ini, bisi blognya error siga kamari-kamari. Mangga direnungkan dan dikaji masing-masing saja ya.

Yang jelas, bila saya diberi-Nya damai dan penuh cinta, adalah tugas saya untuk membagi kedamaian ini pada yang lain. Adalah kewajiban saya untuk bersyukur. Kewajiban saya untuk segala yang baik ini membawa kebaikan bagi semua. Dan itu adalah sinyal bahwa saya harus memikirkan dan melakukan hal-hal lain yang bermanfaat, yang tidak sempat terpikirkan oleh kebanyakan orang 'bermasalah', yang memikirkan diri sendiri saja sudah pusing tujuh keliling, boro-boro mikirin kemaslahatan umat.

Tentu saja bukan saya tak punya masalah. Toh mata saya juga sering mengeluarkan air mata. Tapi terasa bahwa masalah saya tak ada artinya dibanding masalah teman-teman semua. Atau saya memang tipikal orang sunda asli yang tidak suka tantangan dan mudah sekali bersyukur? Hehe.. itu mah kata teman saya yang orang Arab tulen.. (peace, Nay!) :P

Yu lah kalau mau bersenang-senang mah sama saya saja yu.
I'm easy like sunday morning... wow wow woooow....

Ya Allah, semoga orang 'tanpa masalah' seperti hamba ini tidak berarti hamba tak layak masuk syurga-Mu...
Haruskah saya cari masalah biar dapat soal ujian, terus dapat nilai tinggi dan masuk syurga? Enggak kan ya....
Toh sekali lagi, hidup adalah pilihan, sehingga setiap waktu pun saya sebetulnya sedang mengerjakan soal pilihan ganda itu. Bisa jadi gak kerasa sebagai ujian karena gue kaga' mikir... hahahah..

Biar saya kutip aja komen seorang teman saya, Tri Astuti, di status saya beberapa waktu lalu:

Irma mintalah pada Allah untuk dikuatkan pundakmu untuk menghadapi segala masalah. Karena masalah adalah sarapan buat orang biar tambah hebat. Kalo masalahnya ringan2 aja gak seru..Tenang aja dunia ini cuma permainan dan senda gurau saja.

Two thumbs up buat Astut... gak heran kalau kamu jadi pengusaha sukses seperti sekarang
***

4 komentar:

Akhsayanty mengatakan...

teh,

kok sama sih

*nyama nyamain

hidupku teh asa lempeng pisan...
kalo diajak ngomong agama dalem dalem mabur

lah wong dulu pake jilbab jug aalasaanny sederhana. kan kata quran wajib.....

saya sering mikir, ini nikmat apa....apa ya :D

gimana dong teh

arifin mengatakan...

Lagu iwan fals na aing pisaaaan =P
*komen standar ipin yg mudah ditebak

ier mengatakan...

@Mita: ya nikmat lah. Hahaha. Itu ujian kenikmatan, yang belum tentu lebih ringan daripada ujian kemelaratan :D

@Ipin: maneh pisan memaaaang :))

Akhsayanty mengatakan...

huhuhuuuuuuuu..aneh malah pengen nangis teh jadinya...hauhauaauauaua