Rabu, 17 Juli 2013

Posting ke-13 - Tujuh bulan lewat

***
AlhamduliLLah, sudah lewat yang namanya 7 bulan. Gak ada rujak tujuh bulanan ataupun acara lain yang mengada-ada dan diada-adakan.
Berat janin saat ini masing-masing 1,3 kg. Cukup untuk lahir dalam kondisi urgent. Tapi ya kalau masih bisa dipertahankan sampai bisa masing-masing 2 kg, bagus. Posisi bayi bagus juga. kepalanya dua-duanya di bawah, pertanda saya..semoga.. bisa melahirkan spontan. Ah apapun sih caranya agar saya dan si dede Anto + dede Sarah sehat.

Yang menghambat saya bisa lahiran normal cuma satu.. Mata saya yang minus besar. Sembilan dan sebelas minusnya. Sambil periksa mata Arif saya tanya ke dokter spesialis mata, katanya harus periksa dulu kekuatan retina. Kalau ok, boleh normal.
Arif Sofi lahiran normal ya karena saya gak bilang aja sama SpOGnya kalau mata minus. Gak tau kalau ada hubungannya antara mata miop dengan proses persalinan.
Sofi periksa mata juga, tapi ke dokter yang berbeda. Dokter matanya Sofi mah langsung vonis sesar. Huhu...
Tanya dokter Anita, katanya normal atau sesar tetep tergantung posisi janin saat akan lahir. Tadi tanya dokter Delle, dia pro normal, tapi menyarankan saya periksa mata dulu. Jadi ngasih saya surat pengantar untuk ke dokter mata.

Tadi di Al Islam pun saya periksa EKG karena sesaknya lumayan bikin ngosngosan. Hasilnya, jantung saya normal alhamduliLLah. Mungkin juga sesaknya karena saya kurang hemoglobin (hasil cek darah seminggu lalu). Dan bisa jadi fisikly memang diafragma tertekan janin.

Dokter Anita sudah menyarankan agar saya mulai menyiapkan tas siap samber untuk kondisi urgent terasa mulas. Yang bahaya bukan mulasnya, tapi ketuban yang pecah tiba-tiba sebelum waktunya.Kalau ketuban pecah tiba-tiba, khawatirnya ntar ada organ tubuh bayi yang keluar duluan. Misal tangan dulu atau kaki dulu, karena bayi yang saya kandung kan mungil-mungil.
Na'udzubillahi min dzalik. Saya gak berminat melanjutkan obrolan tentang ketuban pecah mendadak ini. Terlalu mengerikan.
Saya akan ikut saran dokter aja. Jangan banyak jalan-jalan. Jangan belanja. Hehe. Padahal senengnya kan jalan di mall yak.
Ya sekarang mah musti nahan diri dulu. Selama tidak dalam kondisi urgent, gak usah kemana-mana.

Hari ini Ramadhan hari ke-9. Saya tidak shaum selama ramadhan ini, sesuai saran dokter.
AlhamduliLlah makanan pesan antar berjalan dengan lancar. Sangat membantu sekali. Karena sangat sedikit saya mampu masak sendiri. Kalau bisa beli ya mending beli aja.
Asisten rumah tanggaku, Bi Eni, kemaren gak masuk. Katanya sih karena ayahnya sakit. Ya gapapalah, semoga ayahnya segera sembuh dan selasa depan Bi Eni bisa masuk kerja lagi. Amiin.

Arif Sofi udah masuk sekolah lagi. Saya sedang nunggu, biasanya pengantarnya datang jam 14.

THR? Ada.. tapi pengeluaran pun memang banyak. Itulah yang namanya rezeki. Biasa :)
***

Tidak ada komentar: