***
Beneran euy, pelajaran anak SD sekarang tak sama dengan pelajaran SD jaman kita dulu tahun 80-an. Saya sendiri gak tau persis bedanya apa karena buku-buku SD saya saat ini barangkali udah membusuk berkalang tanah. Yang jelas beda perasaan aja.
Sekarang kalau lihat Sofi yang kelas 1, misalnya, dia ternyata dituntut mesti bisa membaca, melafalkan, dan menuliskan sebuah benda dalam bahasa Inggris.
Membaca dan melafalkan dia sudah lancar. Tapi ketika menuliskan dia masih agak bingung. Misal saat dia mesti menulis yellow, yang dia tulis yelou. Atau elephant yang dia tulis elephen.
Jaman saya dulu, teman kelas dua saja ada yang masih terbata-bata membaca bacaan Bahasa Indonesia. Kelas 1, setengah kelas lancar membaca, setengahnya lagi belum bisa baca.
Arif kelas 3 sekarang udah belajar satuan waktu, berat, panjang, seperti meter dikonversi ke kilometer, ons dikonversi ke kilogram, pecahan beda penyebut, luas dan keliling bangun datar....
Jaman saya kelas 3, kok ya rasanya belom belajar yang begitu?
Kelas 3 mah jaman saya main lompat tali sama boy-boyan.. eta we nu inget teh.
Jadi kalau menghadapi Arif dan Sofi UAS, ya beginilah. Sayanya jadi dituntut untuk belajar juga.
Pengen rasanya ngantep, gak usah nyuruh belajar. Da dulu waktu SD juga saya asa gak pernah belajar kecuali pas mau EBTANAS. Belajarnya juga dulu belajar sendiri gak pake ditemenin mamah bapa. Hasilnya juga alhamduliLlah gak jelek-jelek amat.
Tapi ya karena jaman udah beda, saya jadi memaksakan diri nemenin anak-anak belajar menjelang UAS.
Masalahnya memang Arif Sofi tidak pegang buku paket. Jadi kayak jaman kuliah saya dulu. Pake modul-modul fotokopian yang dibuat oleh gurunya sendiri. Itupun dibagikan sebulan atau dua bulan sekali. Jadi kalau tiap hari belajar saya bingung sumbernya dari mana. Ngandelin pengerjaan PR aja jadinya.
PR pun gampang-gampang. Bisa dikerjakan anak-anakku dalam waktu 5-10 menit saja.
Meskipun modul yang datang jadinya seabreg di akhir semester, alhamduliLlah Arif Sofi sudah cukup menguasai semua materi. Setidaknya sebagian besar hafal lah.
Jadi sebenernya udah gak begitu masalah. Tinggal penyempurnaan saja.
Pada proses penyempurnaan itulah ketauan bolong-bolongnya. Misal Arif yang faham tapi tidak teliti, dan Sofi yang kalau gak pake dinyanyiin sulit hafalnya. Hehe.
Terus kadang memahami bahasa soal pun perlu latihan.
Misal "Kerjakan soal pembagian ini dengan cara panjang dan cara bersusun!"
Nah loh.. Arif bingung, cara panjang seperti apa? Cara bersusun seperti apa? Padahal dia tau caranya. Cuma gak tau aja kalau itu namanya cara bersusun atau cara panjang.
Ini sedikit tips sotoy dari saya untuk ibu-ibu yang suka bingung menghadapi anak UAS:
1. Kalau anak tidak bisa, jangan panik, jangan marah
Biasa aja kali Bu, budak SD ieuh. Saya pengen di SD itu anak senang belajar. Kalau menghadapi modul segitu aja udah dibawa rieut, kasihan nanti kalo harus menghadapi buku-buku tebal di kemudian hari. Geus mah rieut, budak dicarekan. Mun budak pundung urang beuki rieut.
2. Yang susah dibawa senang
Kasih contoh, penjelasan, soal, yang melibatkan kehidupan mereka sehari-hari. Atau yang kocak-kocak. Beruntunglah Arif dan Sofi yang memiliki seorang Umi geje. Yang geje itu biasanya lucu dan tidak membosankan. Wew.
Seneng deh kalo lihat Arif Sofi yang ketawa terbahak-bahak saat belajar. Dan kalau papanya yang sotoy itu nimbrung, biasanya lebih seru lagi :)
3. Beri kritik sekaligus pujian
Misal saya bilang "Arif bisa tapi suka gak teliti. Ntar yang teliti yaaa...."
Kalau Sofi biasa saya jempolin aja kalau berhasil nyebutin sebuah urutan ataupun definisi walaupun dengan cara menyanyi.
Kalau ada yang salah, koreksinya mesti membangun semangat, dan tidak bernada merendahkan atau menyalahkan.
Mereka harus yakin kalau mereka mampu dan bisa.
4. Yang ngajar harus senang lahir batin
Poin ini nih yang paling utama. Jadi ibu itu harus senang. Kalau ada masalah, ngajarin anak biasanya kacau balau. Karena ninggalin masalah itu sulit, lebih baik jangan buat masalah di luar ya. Apalagi kalau bermasalah dengan suami. Arrrgghh.. jangan deh. Beresin dulu semuanya sebelum UAS, dan mudah-mudahan gak ada masalah lagi setelah UAS =P
5. Do'akan anak
Sejak dulu tiap saya dido'akan mamah secara lisan sebelum berangkat sekolah, seakan memberi semangat dan kepercayaan diri yang luar biasa. Jadinya saya pengen juga anak-anak mendapatkan semangat itu lewat do'a saya secara lisan di depan mereka.
Sebutkan saja harapan-harapan kita, bukan pada anak, tapi pada Allah, dan anak mendengarnya.
Do'a tulus ibu, insyaa Allah diijabah.
6. Apapun hasilnya .. it's OK...
Itu seperti sikap mamah bapak juga pada saya selama sekolah. Apapun hasilnya yakin itu yang terbaik. Yang penting kan udah belajar, titik. Cara belajarnya aja nanti barangkali yang sama-sama mesti diperbaiki.
Yuks ah, ibu-ibu bapa-bapa siapa yang punya anak, jangan tularkan keluh kesah, panik, dan bosan kita seperti halnya kita belajar jaman dulu. Tawarkan kesenangan saat belajar. Kalau ingin menularkan senang, kitanya juga harus senang.
Jadi mari kita bersenang-senang.
***
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
Setuju, buat tipsnya teh,,, ;) walaupun belum jadi ibu2, tapi seminggu ini si saya merasakannya karena harus mendampingi belajar sepupu kelas 2SMP dan 3SD yg 'dititipkan' tante.
Gudlak buat UASnya Arif-Sofi!!!! \m/
Posting Komentar